Kesehatan

Penyakit Mengerikan Itu Bernama Kanker. Bagaimana Menghadapinya? Simak Yuk

dr Debora saat menjenguk Ria Irawan

Jakarta, Prokabar — Kanker! Penyakit ini selalu membuat orang yang mendengarnya bergidik. Apalagi seseorang yang mengalaminya, pastilah tak karuan dibuatnya.

Seperti yang dialami artis Ria Irawan yang kondisi kesehatannya kembali melemah akibat kanker endometrium. Ya, kanker yang awalnya menyerang lapisan rahim bagian dalam sudah menyebar ke bagian paru paru dan otak Ria Irawan.

Sebegitu cepatnya penyakit ini menggerogoti tubuh Ria Irawan hingga hilang keseimbangan karena menekan syaraf otak. Melalui terapi radiasi, kondisi Ria Irawan berangsur pulih.

Seperti pada postingan video di akun Instagramnya, Ria Irawan menunjukan semangat dan perjuangan penuh.

“Kondisinya sangat semangat walau bicaranya sepatah patah. Terlihat begitu optimis, murah senyum,” tutur Dr Debora usai menjenguk Ria Irawan belum lama ini.
Seperti pada pistingan video di akun instagramnya ria irawan menunjukan semangat dan perjuangan penuh.
Pemilik klinik kecantikan D’Bora Beauty di Kelapa Gading, Jakarta Utara ini sempat berbincang dengan Ria Irawan dan suaminya, Mayky Wongkar.

“Yang banyak bicara suaminya cerita tentang kondisi mbak Ria yang sudah di radiasi. Kelanjutan radiasinya dilanjutkan Senin besok. Belum bisa bicara banyak karena kankernya menekan syaraf otak,” aku Debora.

“Mbak Ria adalah motivator buat penderita kanker yang lain. Jadi contoh yang baik karena semangatnya yang tidak mengenal putus asa. Selalu berdoa dengan setulus hati,” ujarnya menambahkan.

Tentang apa yang menjadi penyebab kanker yang dialaminya sejak 2014 kembali kambuh, Debora menjelaskannya secara umum.

“Kanker ini bisa kembali kambuh disebabkan kelelahan. Karena mbak Ria ini orangnya sangat rajin dan energik, jadi semua di kerjakan hingga kelelahan. Daya tahan tubuh menurun mengakibatkan kanker berkembang kembali. Kanker bisa tumbuh berawal dari genetik, life style dan asupan makanan yang tidak baik,” terangnya.

Lalu bagaimana mencegah agar kita terhindar dari kanker? Secara umum, Dr Debora menganjurkan untuk hidup sehat. Seperti istirahat selama delapan jam. Perbanyak minum air putih, delapan hingga sepuluh gelas. Hindari mengkonsumsi gula berlebih (asupan gula bisa diambil dari buah-buahan) karena dalam makanan sudah cukup mengandung gula. Ditambah lagi hindari asupan makanan dengan bahan pengawet.

“Selain itu yang utamanya adalah ibadah dan doa. Bersyukur akan berkat dan rahmat Tuhan,” sebut Debora.

Apa saran bagi seseorang yang sudah terjangkit penyakit ini, Debora menyarankan untuk banyak istirahat dan hindari stress.

“Bila sudah terjangkit harus banyak istirahat. Bebas dari stress dan harus happy. Karena hormon kegembiraan itu yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Asupan makanan benar benar dijaga perbanyak buah-buahan. Tentunya perbanyak ibadah dan doa, serta harus semangat dan optimis sembuh,” pesannya. (beb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top