Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Penipuan Melalui Medsos Marak Terjadi Di Pasaman

Dibaca : 283

Pasaman, Prokabar —  Hati-hatilah masyarakat pengguna media sosial, terutama yang memiliki akun facebook. Di Pasaman, penipuan melalui akun facebook ini mulai marak terjadi. Seminggu ini saja, sudah dua kasus yang mencuat, beruntung korban yang bakal ditipu penipu sangat hati-hati. Sehingga tak terjadi aksi penipuan. Begini modusnya.

Salah satu warga yang nyaris jadi korban penipuan, Erwan Chalid mengatakan, pada awalnya aktifitas akun facebook miliknya aman-aman saja. Tiba-tiba datang pesan dari seorang teman yang mencoba untuk meminjam uang dan disuruh meminta mentransfer kepada rekening tertentu.

“Kalau saya amati ini ulah hacker. Ia meretas akun teman kita, lalu meminjam sejumlah uang. Waktu itu saya sudah curiga, sebab akun yang meminjam dan menyuruh mentransfer sejumlah uang ini kenal sekali dengan saya. Tidak mungkin ia bakal meminjam uang. Sayapun akhirnya tidak terjebak dalam percobaan penipuan ini, dan ternyata benar, akun facebook milik teman saja itu diretas,” kata Erwan.

Kejadian kedua dialami oleh Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Amdarisman. Akun facebook miliknya tiba-tiba meminjam sejumlah uang kepada calon korban Abdi, yang tak lain, teman dekat dengan Amdarisman. Merasa curiga, Abdi kemudian menghubungi Amdarisman via telpon.

“Ternyata memang penipuan. Akun facebook pak Amdarisman diretas,” kata Abdi, Senin (1/10).

Menanggapi hal ini, Amdarisman sendiri menegaskan, jika ada pihak lain khususnya di dunia maya yang meminta sejumlah uang dari akunnya, itu adalah bodong.

“Ini pelajaran bagi kita semua untuk lebih hati-hati dalam bersosial media. Kami menghimbau warga jika ada kejadian serupa, langsung hubungi pemilik akun yang bersangkutan. Jangan mau berkomunikasi di media sosial,” tutup Amdarisman. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top