Daerah

Pengembangan Pelabuhan Penasahan Painan Belum Ada Kepastian

Pesisir Selatan, Prokabar — Rencana pengembangan Pelabuhan  Penasahan, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) di 2019 hingga kini belum ada kepastian.

Padahal, tujuan pelabuhan ini dibangun, untuk menjadikan pelabuhan go internasional artinya semua komoditi lewat jalur laut tetap singgah di pelabuhan penasahan setelah pelabuhan Taluk Bayur, Padang.

Proyek pengembangan pelabuhan ini sudah lama digagas. Tepatnya sejak 2010 lalu. Namun sampai saat ini, progresnya masih sebatas rencana.

“Belum, masih rencana baru, ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Gunawan pada awak media Rabu (9/10), usai pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Pesisir Selatan periode 2019-2024.

Seperti diberitakan Prokabar.Com sebelumnya, Kementerian Perhubungan bakal mengembangkan kawasan darat pelabuhan Panasahan tahun ini.

Untuk kegiatan itu, pemerintah pusat mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 dan 2020 sebesar Rp37 miliar.

Dari total dana itu, Rp36 miliar dilokasikan pada 2019 dan sisanya Rp20 miliar di 2020. Sebagai persyaratan, pemerintah daerah diwajibkan memperbaharui detail enginering desain (DED).

Namun hingga kini, pemerintah daerah belum menyelesaikan persyaratan yang diminta pemerintah pusat.

“Kini masih dalam proses. Memang belum selesai. Soal lahan tanya langsung sama Dinas Permintaan,” jelasnya.

Namun ketika ditanya soal alokasi dana Rp36 miliar pada tahun ini, ia menjawab tidak tau soal itu. Padahal sebelumnya Bupati Hendrajoni menegaskan pendanaan itu telah ada.

“Soal itu saya tidak tau. Tanya saja langsung pada pimpinan,” tutupnya. (min)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top