Trending | News | Daerah | Covid-19

Opini

Pengaruh dan Efek Teknologi Komunikasi di Era Modern

Dibaca : 492

 

Oleh Nofiardi Syarif
Mahasiswa Pasca Sarjana Unand

Perkembangan komunikasi saat ini telah mengalami banyak kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan manusia yang berubah seiring perkembangan teknologi. Komunikasi sendiri dapat diartikan sebagai salah satu cara manusia untuk menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Dengan memanfaatkan teknologi, komunikasi pun terjadi tanpa adanya batasan untuk saling berbagi informasi.

Hal inilah yang memulai fenomena era globalisasi, dimana tidak adanya keterbatasan untuk suatu budaya masuk maupun informasi sampai kepada penerima pesan.

Sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Jika dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu dengan menggunakan perangkat elektronik seperti telepon. Selain itu kehadiran internet membawa perubahan yang sangat besar bagi dunia telekomunikasi.

Saat ini, jutaan komputer dan telepon sudah terhubung ke jaringan internet dan menyediakan sangat banyak informasi yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja di seluruh dunia. Berbagai aplikasi berbasis internet sudah banyak digunakan, seperti e-commerce, elearning, video conference, e-government, dan sebagainya.

Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.

Komunikasi adalah aktifitas yang wajib kita lakukan dalam kehidupan manusia. Baik disadari atau tidak aktivitas komunikasi itu terjadi dengan sendirinya. Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa komunikasi adalah segala bentuk alat yang berguna untuk memindahkan sebuah informasi dari satu tempat ke tempat lain.

Perkembangan komunikasi tergantung dari kebutuhan manusia sendiri. Bentuk teknologi komunikasi yang sering dilakukan manusia di era modern seperti : Video Call berguna untuk berkomunikasi langsung sambil bertatap muka bersama lawan bicara seperti WA, Video Conference merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih menggunakan jaringan internet broadband.

Biasanya video conference sering digunakan untuk pertemuan bahkan kuliah jarak jauh seperti pada aplikasi Zoom saat ini. Selain itu berkomunikasi melalui Telepon/HP, Menyampaikan informasi melalui televisi dan radio, penggunaan jaringan melalui Satelit, mengirim pesan melalui email dan faksimile termasuk dalam bentuk teknologi komunikasi yang sering kita lakukan.

Pengaruh dan Efek Komunikasi Modern
Teknologi komunikasi saat ini semakin canggih dan semakin mumpuni bagi masyarakat di seluruh dunia.

Perkembangan terus terjadi, inovasi dan fungsi dari teknologi komunikasi juga semakin lengkap. Komunikasi dinilai semakin efektif dan efisien dalam prosesnya. Komunikasi antara manusia dengan teknologi ini tentu akan menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia beserta aspek – aspeknya.

Dampak itu ada baik positif maupun negatif. Dampak positif tentunya beberapa dampak yang berguna dan bermanfaat bagi kelancaran kehidupan, sedangkan dampak negatif yang merupakan dampak yang timbul dan tanpa disadari mempengaruhi kehidupan. Adapun dampak positifnya yaitu;

Memudahkan manusia dalam mencari segala informasi dengan waktu yang singkat sebab semua informasi telah tersimpan dalam perangkat teknologi dan dapat diakses dengan mudah.
Manusia bisa dengan mudah untuk mengenal informasi dan menjalin hubungan dengan banyak pengguna.

Teknologi ini menjadi ekstensi atau penyambung kesulitan manusia dalam berkomunikasi. Manusia kini dapat berkomunikasi melewati ruang dan waktu tanpa ada batasan.

Semua yang dibutuhkan manusia telah tersedia. Seluruh masyarakat dunia bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan masing–masing. Jadi tidak ada alasan lagi untuk sulit mengetahui informasi dan memiliki intelektual yang baik.
Sebagai media Pendidikan. Bicara soal pendidikan, teknologi komunikasi ini juga ternyata mempengaruhi cara manusia mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan. Dengan adanya suatu yang baru pastinya sisi manusia juga pasti berubah.

Informasi beraneka ragam dan tidak harus bergantung pada satu sumber saja memudahkan para siswa untuk mendapatkan pengetahuan. Pemerataan pendidikan pun sekarang menjadi hal yang tidak mustahil lagi mengingat teknologi komunikasi sekarang dapat dirasakan manfaatnya bahkan di tempat terpencil.

Selain bertujuan untuk edukasi teknologi komunikasi sendiri dapat digunakan untuk menyebarkan informasi, memberikan hiburan, dan juga menjadi kontrol sosial yang efektif dalam masyarakat.

Teknologi dikatakan dapat menghidupkan dan juga dapat mematikan kehidupan. Selain dampak positif yang merambat ternyata dampak negatif juga terus mengikuti. Dampak negatif tersebut bisa berupa ;

Menyangkut dari sisi kesehatan fisik manusia. Perlu diketahui, teknologi komunikasi pastinya membutuhkan sebuah jaringan penghantarnya, gelombang elektromagnetik yang menghantarkan tersebut baik yang dikirimkan maupun yang diterima ternyata memiliki daya radiasi yang sangat kuat. Semakin lancar dan baik jaringannya, semakin berbahaya radiasinya. Cara satu–satunya untuk mencegahnya hanya dengan meminimalisir penggunaan media elektronik yang berlebihan, juga penyimpanan media teknologi tersebut di tempat yang tepat.

Penggunaan teknologi berbahaya bagi kesehatan mata. Berhubung beberapa teknologi media komunikasi dan informasi saat ini sudah menggunakan perangkat gambar dengan tampilan visual yang kebanyakan memancar terang. Tampilan dari layar media elektronik tersebut ternyata jika kita hadapkan dengan mata terus menerus dapat mengurangi daya mata kita sehingga pada akhirnya kita dapat mengalami cacat mata yaitu seperti minus pada mata yang timbul dan bertambah.

Dampak buruk selanjutnya adalah pada mental dan sisi psikologis manusia.
Teknologi yang serba bisa dapat memuaskan keinginan manusia. Namun hal ini membuat manusia menjadi seorang yang ketergantungan dan mengalami kecanduan terhadap teknologi sehingga membuat manusia menjadi sulit jika tanpa teknologi.

Sebenarnya semua ini adalah perasaan dari manusia sendiri. Manusia tidak menyadari bahwa sebenarnya masih tetap bisa menjalani aktivitas kesehariannya meski tanpa teknologi yang canggih. Hal ini lah yang mempengaruhi manusia cenderung menjadi lebih pemalas karena suatu yang serba instan.

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi menyerang kehidupan sosial masyarakat.Tindakan cyberbullying, penyebaran berita hoax, ujaran kebencian dan konten pornografi dinilai cukup meresahkan. Efek yang ditimbulkan pun bukan perkara sepele karena akan merusak generasi bangsa dan memecah belah persatuan

Sebagai orang komunikasi baiknya kita selalu mengangkat media ini dengan lebih baik. Oleh karena itu, inilah tugas para komunikan seperti kita yang berada dan mengenyam pendidikan di fakultas ilmu komunikasi. Baiknya kita membudayakan komunikasi yang bijak dan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat secara cerdas sehingga penggunaan teknologi komunikasi dan informasi ini tidak banyak memiliki dampak buruk melainkan lebih memiliki dampak yang positif diterima dan juga semakin membuat manusia lebih cermat dalam menggunakan teknologi secara lebih maksimal.

Semua dampak yang ada sesungguhnya adalah ciptaan dari manusia itu sendiri, karenanya, semua dampak positif bisa semakin ditingkatkan, dampak negatif bisa dikurangi oleh manusia sendiri.(*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top