Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pendirian Posko Darurat Pasca Kebakaran di Maninjau

Dibaca : 315

Agam, Prokabar — Setelah kebakaran melanda 8 unit bangunan, sejumlah pihak langsung mendirikan Posko Darurat di Simpang Empat Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sabtu (20/9).

Setelah kehadiran Bupati Agam, Indra Catri, menyerahkan sejumlah bantuan, Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya bersama Pemerintah Nagari Maninjau, TKSK, Walijorong dan pemuda setempat melakukan aksi sosial penerimaan bantuan dari pihak dermawan.

“Kami bersama semua pihak mendirikan posko darurat penerimaan bantuan dari berbagai kalangan. Kami menyambut baik dermawan yang menyalurkan bantuan berupa apapun bemtuknya. Yang pasti dapat meringankan beban korban kebakaran tersebut,” ungkap Miswardi, Ketua TKSK Kabupaten Agam sekaligus Walijorong Pasa Maninjau.

Saat ini lanjutnya, beberapa orang korban untuk sementara menempati balai ruang Ninik Mamak dan Kantor Pemuda Maninjau sebagai tempat tinggal. “Hampir tidak ada barang berharga yang tersisa dari sebagian korban. Sehingga membutuhkan bantuan kita semua,” terangnya.

Dalam hal ini, Miswardi mewakili masyarakat Tanjung Raya meminta Pemerintah Kabupaten Agam, untuk mewujudkan harapan adanya satu unit mobil dan posko Pemadam Kebakaran di Maninjau. Karena nyaris setiap kebakaran terjadi, Tim Damkar terlambat datang memadamkan api.

Muhammad Suardi (58) salah seorang korban mengatakan, musibah ini begitu cepat berlangsung. Dan membuatnya trauma dan rasa tidak percaya. Namun bencana tetaplah bencana, merupakan cobaan dari Maha Kuasa yang harus dijalani dengan ikhlas dan sabar.

“Hal ini merupakan salah satu contoh dari banyak kejadian kebakaran di Maninjau, umumnya di Kecamatan Tanjung Raya. Hampir setiap kebakaran mobil dan tim pemadam kebakaran terlambat. Dan kami sangat berharap mobil beserta pos pemadam kebakaran ada di Maninjau,” harapnya.

Sementara itu, Walijorong Kubu Baru, Ferdian menambahkan aksi tersebut secara spontan dilakukan, sebagai bentuk ikut merasakan duka yang dialami masyarakat Maninjau tersebut. “Kita menghimbau semua sanak saudara, baik berada di kampung halaman maupun diperantauan, untuk dapat membantu meringatkan duka keluarga kita ini. Semoga partisipasi kita semua, mampu memotivasi semangat dan melupakan trauma yang dialami korban kebakaran ini,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top