Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pencapaian Target Vaksin MR Masih Rendah di Pasaman

Dibaca : 268

Pasaman, Prokabar — Sebanyak 8.794 anak usia 9 bulan sampai 15 tahun di Pasaman telah berhasil diberikan imunisasi Measles Rubella (MR). Jumlah ini tercatat hingga akhir Agustus kemarin.

Dipersentase, jumlah ini baru 10,96 persen dari jumlah sebanyak 80.223 orang anak yang ditargetkan Dinas Kesehatan Pasaman. Memang masih rendah pencapaian vaksin ini. Mengingat masa pelaksanaan imunisasi MR ini tinggak 25 hari lagi. Ini sebabnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Amdarisman menjelaskan, rendahnya partisipasi vaksin MR ini disebabkan kekhawatiran para orang tua terhadap informasi bahaya yang ditimbulkan.

Ditambah lagi, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan vaksin dari Serum Institute Of India (SII) haram, karena penggunaan vaksin yang memanfaatkan unsur babi dan turunannya. Meski dalam fatwa MUI itu penggunaan vaksin MR tetap dibolehkan alias mubah. Karena ada kondisi keterpaksaan.

Parahnya lagi, informasi-informasi hoax seputar imunisasi MR semakin membuat masyarakat cemas.
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pasaman, sepanjang 2017 ditemukan kasus campak sebanyak 72 kasus dan rubella 100 kasus. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top