Daerah

Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Pasaman Studi Komparatif ke Dumai

Pasaman, Prokabar — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman mengunjungi KPU Kota Dumai, Provinsi Riau. Kunjungan ini dalam rangka studi komparatif pengelolaan data pemilih semester II, Rabu (4/12)

Ketua Divisi Program dan Data, Taufiq dan Eria Chandra dari Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih SDM dan Partisipasi Masyarakat menjelaskan dijadikannya Kota Dumai sebagai tujuan studi karena jumlah pemilih yang relatif sama, dan melihat pengelolaan data pemilih yang dilakukan oleh KPU Kota Dumai sangat baik.

“Fokus KPU Pasaman adalah melihat pengelolaan data pemilih di Kota Dumai, dimana dijelaskan untuk Kota Dumai yang merupakan daerah heterogen dan merupakan daerah industri tentu pengelolaan dan pemutahiran data terus berlanjut, namun demikian permasalahan dapat diatasi,” tukas Taufiq.

Lebih lanjut, Komisioner KPU Kota Dumai Siti Khadijah menjelaskan, perih pengelolaan data di KPU Dumau, pihak KPU juga dilakukan dengan sistem FGD yang dinahkodai koordinator operator data di KPU Dumai. Koordinator ini membawahi operator data di setiap kecamatan dengan pola koordinasi dan komunikasi yang intensif termasuk dengan pihak Disduk Capil.

“Tak luput kami juga menerima masukan dari Bawaslu dan peserta Pemilu perihal membuat data di Dumai supaya pemilih dapat terdata secara maksimal,” tukas Siti. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top