Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Pemuda Gagas Sasaran Silek Di Masjid Inyiak De Er

Dibaca : 346

Agam, Prokabar – Persatuan Pemuda Batung Panjang bersama Pemuda Muhammadiyah dan Komunitas Pemuda Generasi Hamka (KPGH) Tanjung Raya menggagas kembali sasaran Silat (Silek) yang sudah lama fakum. Bangkitnya semangat itu, berkat adanya Pendidikan Surau yang telah dilaksanakan pada akhir tahun 2020 di Masjid Inyiak De Er, Jorong Batung Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

“Semangat ini berkat dukungan Wakil DPRD Agam, Bapak Irfan Amran bersama Bapak Camat Tanjung Raya, Handria Asmi beserta seluruh orang tua, Ninik Mama, Alim Ulama dan Bundo Kanduang kita. Semangat ini sebagai langkah awal kebangkitan pemuda menuju Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ungkap Fajri Dt. Mangkuto Nan Basa, Wali Jorong Batung Panjang, Minggu malam (7/2).

Setelah goro sasaran atau lokasi latihan Silek minggu lalu, hari ini dilanjut dengan pembersihan sekaligus membuat tempat duduk. “Minggu depan kita final dengan melakukan pengecoran sepanjang tepi lokasi. Bertujuan dapat nyaman dan aman saat latihan nantinya,” jelasnya.

Selesai pembenahan lokasi latihan Silek itu, lanjut Fajri, baru dilakukan acara pembukaan dengan mengundang seluruh Tokoh Masyarakat, Wali Jorong Se-Sungai Batang, Wali nagari, Camat Tanjung Raya, dan Wakil DPRD Agam, Irfan Amran.

 

Sementara itu, Amri Ketua Pemuda Jorong Batung Panjang mengatakan, program ini bagian dari Pendidikan Surau yang telah digagas sebelumnya. Berharap, nilai-nilai Budaya Minangkabau yang bersandi kan kepada Islam (Al-Quran dan Hadis) dapat semakin kuat dan mantap.

 

“Salah satu alasan kita membuat sasaran silek di halaman Masjid Inyiak De Er adalah mendorong pemuda untuk bisa sholat berjemaah sekaligus memperdalam pendidikan agama Islam dan adat. Sebelum latihan silek, kita bisa menyempatkan diri untuk sholat magrib dan Isya berjemaah. Kemudian berlanjut mengaji dan bapasambahan. Tidur di Surau Randah, dan bangun untuk sholat subuh berjemaah,” terang Amri.

Sejak dua tahun bergerak dan menggagas beberapa kegiatan, semangat pemuda mulai tumbuh dan semakin gencar. “Kondisi ini memacu kami semakin gencar dan semangat lagi. Harapan dan doa, semoga niat baik dan langkah maju ini terus membawa perubahan terbaik pada generasi kita nanti. Semoga semua tokoh yang telah membantu terus memberi semangat. Dan memberi kita kekuatan terus untuk maju,” tutup Ketua Pemuda Batung Panjang tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top