Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pemprov Sumbar Raih KPAI Award 2020

Dibaca : 214

Padang, Prokabar — Pemerintah Provinsi Sumatra Barat meraih penghargaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Award 2020, kategori Pemerintah Provinsi Berkomitmen dalam Penyelenggaraan Anak dan Melaporkan Capaian Berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP).

Penghargaan tersebut disampaikan dalam acara Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Tahun 2020, yang diselenggarakan melalui video conference, Rabu (22/7).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy mengatakan, revolusi 4.0 menuntut tata kelola lembaga negara transparan, adaptif teknologi informasi dan menjadikan transformasi organisasi pemerintah sebagai suatu keniscayaan dalam berbagai skala ruang lingkup, dan kompleksitasnya.

“Transformasi organisasi pemerintah ini menjadi kata kunci yang harus terus diupayakan sebagai instrumen bagi aparat pemerintah agar responsif terhadap perubahan,” sebut Menko.

Terobosan KPAI menggunakan aplikasi dalam anugerah tahun ini dissbut terbukti dapat mempecepat proses penilaian. “Penghargaan bagi inovasi KPAI dalam penilaian tahun ini. Semoga lebih baik dan lebih transparan lagi,” kata menteri.

Sementara itu, Gubernur Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar berkomitmen pada penyelenggaraan perlindungan dan kebijakan positif terhadap anak.

“Anak merupakan kepedulian bersama untuk kemajuan bangsa. Kita selalu memberi ruang dan layanan kepada anak-anak, sebab mereka merupakan tanggung jawab bersama,” ucap dia dilansir Prokabar, Kamis (23/7).

Irwan tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada KPAI atas anugerah ini, sembari berharap kerja sama yang terjalin antarstakeholder dapat terus berlanjut. “Terima kasih kepada KPAI atas penghargaannya. Saya berharap konektivitas kita dapat terus terangkai demi pemenuhan hak anak,” tambah dia.

Gubernur juga berharap tindakan kekerasan terhadap anak dapat hilang dari bumi pertiwi. “Penghentian kekerasan terhadap anak suatu keniscayaan. Jangan ada alasan untuk tindakan kekejaman ini,” kata dia.

Selain Sumbar, Agam dan Bukittinggi juga meraih penghargaan sejenis untuk kabupaten/kota dalam KPAI Award 2020. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top