Daerah

Pemprov Sumbar Evaluasi Database Perencanaan

Bukittinggi, Prokabar — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Barat bekerja sama menggelar Forum Data Pembangunan di Royal Denai View Bukittinggi, Sumatra Barat, Selasa (12/11).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi keterisian database perencanaan pembangunan serta penyusunan definisi operasional elemen data sesuai ketentuan yang berlaku, dengan peserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

Kabid Pengendalian Evaluasi dan Data Informasi Pembangunan Bappeda Provinsi Sumatra Barat Rina Bur, menyampaikan bahwa keterisian database akan memudahkan OPD selaku produsen data dalam melakukan penyusunan perencanaan penganggaran ke depan.

“Perencanaan program dan kegiatan harus berdasarkan data, sehingga output dan outcome yang dicapai tepat sasaran. Untuk mewujudkan data yang andal, efektif, dan efisien OPD perlu memahami tata cara pengelolaan data sesuai prinsip-prinsip satu data,” ujar Rina dilansir Prokabar dari MC Sumbar.

Sementara itu narasumber BPS Provinsi Sumatra Barat, Lidya Sriyeni menjelaskan materi tentang penerapan kaidah statistik dalam penyusunan statistik sektoral dengan Generic Statistical Business Process Model (GSBPM).

“Metadata dan penjaminan kualitas diperlukan dalam setiap tahapan penyelenggaraan kegiatan statistik. Proses bisnis statistik yang dilakukan BPS merujuk pada GSBPM yang ditetapkan oleh UNECE dan diadopsi oleh National Statistics Office (NSO) di dunia,” jelas Lidya.

Beberapa manfaat dari penggunaan GSBPM yaitu mengelola kegiatan statistik menjadi lebih mudah, menghasilkan data berkualitas sesuai dengan  yang ditetapkan dalam NSPK (Norma, Standar, Prosedur, Kriteria), serta mengefisienkan biaya dan sumber daya lainnya.

Kegiatan forum data ini akan berlangsung selama dua hari, dan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman OPD dalam pengelolaan data sektoral. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top