Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pemko Pariaman Dorong Warga Manfaatkan Perkarangan dan Lahan Terlantar

Ilustrasi
Dibaca : 193

Pariaman, Prokabar — Kepala desa diharapkan terus dapat mendorong warganya untuk lebih mewujudkan ketahanan pangan di lingkungannya.

Misalnya saja, pemberdayaan lahan terlantar dan pekarangan dengan tanaman bernilai ekonomi, seperti sayuran sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri dan perekonomian warga.

“Sejumlah desa sudah ada yang bergerak demikian, menanami lahan terlantar dengan sayur mayur, hasilnya menggembirakan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal, dilansir Prokabar dari MC Pariaman, Senin (10/8).

Diantara sejumlah desa tersebut, Kampung Tangah, Bumdesnya kelola usaha jagung, ikan dan sapi.  Selain memberikan keuntungan juga dapat mempekerjakan warga desa, sehingga perekonomian bergulir.

“Dana desa bisa juga ke Bumdes dan badan usaha ini dengan kegiatanya dapat memberikan peluang kerja kepada masyarakat”, sambung Efendi Jamal.

Sedang melalui PKK desa, bisa dengan dasawisma masyarakat dapat didorong memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman sayuran dan tanaman bernilai eonomi lainya.

Efendi Jamal berharap, mudah-mudahan dengan cara demikian geliat perekonomian warga makin membaik dan ketahanan pangan bertambah yang berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. (*)

 


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top