Budaya

Pemko Padang Kembali Helat Festival Siti Nurbaya, Ini Jadwalnya

Padang, Prokabar — Kota Padang kembali menggelar Festival Siti Nurbaya (FSN) untuk kedelapan kalinya tahun ini. Ajang tahunan Pemko Padang ini akan dibuka secara resmi pada 9 hingga 11 November mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padang Junie Nursyamza dalam kegiatan desiminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (24/10).

Sedikit ia menjelaskan bahwa Festival Siti Nurbaya merupakan sebuah event budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Padang sebagai salah satu sarana memperkenalkan budaya minang kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Pemerintah kota Padang berperan aktif dalam menjaga marwah adat dan budaya Minangkabau. Salah satu pengenalan adat, seni, dan budaya Minangkabau telah terkonsep dalam acara Festival Siti Nurbaya (FSN),” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk FSN 2018 pihaknya akan lebih banyak melibatkan anak muda serta komunitas di kota Padang, terlebih sejak perhelatan 2016, komunitas-komunitas di Padang selain turut serta hadir juga ikut meramaikan beragam kegiatan.

“Setiap tahun kita selalu hadirkan sesuatu yang baru, kita juga telah evaluasi perhelatan tahun lalu. Pada FSN 2016 lalu, pemerintah kota Padang mampu mengadakan acara yang super megah, dengan menghadirkan berbagai komunitas “anak nagari” dimana sebanyak 32 komunitas dengan berbagai latar belakang ikut berpartisipasi aktif menggemakan FSN waktu itu sehingga semarak FSN pun kian terasa oleh masyarakat kota Padang, bahkan masyarakat di luar Sumbar.” ungkapnya.

Pada tahun 2018 sejumlah kegiatan digelar untuk memeriah acara ini. Acara dengan konten lokal disajikan seperti penampilan 200 pesilat, penampilan tari, tradisional, berbagai lomba menarik dan panggung hiburan.

“Tahun ini cukup banyak lomba diantaranya lomba lagu antar etnis, lomba tempurung dan enggrang, lomba mangukua kerambia (memarut isi kelapa), lomba menggiling cabe, lomba musik jalanan, lomba drama pendek Siti Nurbaya, lomba band musik minang. Sementara untuk hiburan akan di meriahkan Upik Isil,” ujarnya. (hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

To Top