Daerah

Pemko Padang Gelar Lomba Napak Tilas Bagindo Azis Chan

Padang, Prokabar – Pemerintah Kota Padang kembali menggelar Lomba Napak Tilas Bagindo Aziz Chan di tahun 2019. Untuk panitia kegiatan ini seperti biasa kembali diipercayakan pada organisasi kepemudaan yang ada, diantaranya KNPI, Karang Taruna, PPI, PPM dan Tagana.

“Insya Allah Lomba Napak Tilas ke-XV ini akan dilaksanakan pada 18 Juli 2019,” terang Ketua DPD KNPI Kota Padang Megri Fernando selaku ketua pelaksana kegiatan.

Megri menyebutkan, lomba nantinya akan dimulai Kamis malam (18/7) dengan star di Lapangan Parkiran Kantor Utama PT. Semen Padang Indarung sekira pukul 21.00 WIB dan setelah melalui perjalanan panjang lalu berakhir di Rumah Sakit Tentara Dr Reksodiwiryo Ganting.

“Untuk pendaftaran peserta kita telah membukanya sejak Senin (1/7) lalu dan akan ditutup pada 17 Juli,” kata Megri didampingi Sekretaris Panitia Muhammad Tito.

Ketua DPD KNPI Kota Padang itu menjelaskan bahwa lomba napak tilas yang rutin digelar tiap tahun itu, sejatinya bertujuan untuk menghidupkan kembali jiwa-jiwa perjuangan pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan yang juga Wali Kota Padang pertama.

“Banyak kisah perjuangan dan hal positif lainnya yang dapat kita ambil dari semasa hidup beliau untuk dapat kita implementasikan dalam kehidupan kita saat ini dan hingga masa-masa mendatang. Mungkin hampir semua warga Kota Padang mengetahui siapa Bagindo Aziz Chan, karena setiap tahunnya kita memperingati hari gugurnya yang jatuh setiap 19 Juli,” tuturnya.

Sementara tempat pendaftaran peserta, kata dia, bisa langsung datang ke Kantor DPD KNPI Kota Padang,Jalan Jendral Sudirman No.1 di dalam kawasan Kantor Disdukcapil Kota Padang. Selain itu bisa mendaftar di Kantor Dispora Kota Padang atau bisa menghubungi panitia Tito Liberty dengan nomor hp: 081367287550, Elsa: 082384611550 dan Robby Afrinandes: 082172220944.

Lebih lanjut Megri pun menjelaskan beberapa persyaratan dalam Lomba Napak Tilas Bagindo Aziz Chan ke-XV.

Pertama membawa surat tugas/mandat dari instansi/organisasi calon peserta. Pendaftaran gratis, peserta terdiri dari 1 Regu berjumlah 7 orang termasuk satu orang ketua regu antara lain 3 putri dan 4 putra bukanlah syarat mutlak dan dapat diganti komposisinya dan disesuaikan perannya di dalam regu sesuai dengan kondisi dan wajib memakai baju perjuangan.

“Selanjutnya instansi atau organisasi boleh mengikut sertakan lebih dari 1 regu serta mengisi formulir pendaftaran dan pernyataan sehat jasmani dan rohani yang ditanda tangani ketua regu,” terangnya.

“Bagi para peserta dianjurkan untuk membawa makanan ringan, minum, obat-obatan, dan perlengkapan (alat penerangan dan P3K) secukupnya selama pejalanan Napak Tilas. Peserta dilarang membuang sampah sembarangan sepanjang rute perjalanan, dan menjaga ketertiban umum. Kemudian peserta harus berpakaian pejuang sesuai dengan syarat tiga orang putri dan empat orang putra,” ungkapnya.

Ia menambahkan lagi, lomba Napak tilas Bagindo Aziz Chan XV berbeda dengan sebelumnya nanti akan diperlombakan foto-foto selama perjalanan Napak tilas akan di nilai berdasarkan like dan juri nantinya dan sangat menitik beratkan pada pakaian perjuangan.

“Hadiah untuk pemenang napak tilas berupa sepeda 7 unit untuk juara 1dan 2, televisi 7 Unit untuk juara 3, kulkas 7 unit untuk juara 4 , kipas angin 7 unit juara 5 dan untuk foto di medsos 1 unit kulkas serta hadiah hiburan lainnya,” tandasnya.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top