Daerah

Pemko Padang dan Bank Nagari Jalin Kerjasama

Padang, Prokabar — Walikota Padang Mahyeldi dan Direktur Utama Bank Nagari Dedy Ihsan menandatangani MOU (Nota Kesepahaman Bersama) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan perbankan dan pelayanan publik kepada masyarakat di Auditorium Gubernur Sumbar, Kamis (18/7).

Penandatangan MOU yang meliputi pelayanan jasa perbankan secara digital dan non digital, penerimaan pendapatan dan pengeluaran pemerintah daerah, pembukaan dan pengelolaan rekening kas daerah serta penyertaan modal, juga dilakukan Wali Kota Padang Panjang dan Wali Kota Bukittinggi.

Di kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatangan MOU seluruh kepala daerah se-Provinsi Sumbar dengan Kepala Kanwil BPN Sumatera Barat, Sudaryanto, Plh Kepala Kanwil DJP Sumbar dan Jambi, Muhammad Asraf, dengan disaksikan langsung Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wakil Ketua KPK RI Saut Situmorang. MOU tersebut dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak daerah dan pengelolaan barang milik daerah.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, mengatakan, MOU dengan Bank Nagari diharapkan mampu meningkatkan tata kelola keuangan daerah kearah yang lebih baik lagi, sehingga bisa meningkat PAD. Begitu juga MOU dengan BPN, sangat membantu memberikan kepastian pengelolaan dan pendataan asset-aset daerah.

“MOU ini merupakan salah satu upaya preventif agar pemerintah daerah tidak terjerumus dalam tindakan koruptif”, ujar Irwan.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK RI Saut Situmorang menjelaskan, membangun koordinasi dengan pemerintah daerah merupakan salah satu upaya KPK untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, termasuk melakukan monitor penyelenggaraan pemerintahan.

“Dengan adanya MOU ini pemasukan daerah akan semakin meningkat dan segala bentuk korupsi akan dapat ditekan di daerah Sumatera Barat,” ulasnya lagi. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top