Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pemkab Tanah Datar Minta Nagari Siapkan Ruang Isolasi

Dibaca : 632

Tanah Datar, Prokabar – Meningkatnya penyebaran pandemi Covid 19 di Tanah Datar pemerintah Kabupaten melalui hasil rapat bersama Forkopimda pada tanggal 13 agustus 2020, meminta seluruh nagari untuk membentuk atau mengaktifkan kembali Satgas percepatan penanganan Covid 19 melalui relawan desa.

Dalam surat tertanggal 19 agustus 2020 yang ditujukan kepada Walinagari Se kabupaten Tanah Datar itu, Walinagari juga diminta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Covid 19 dan menghimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Tak kalah penting, pemerintah kabupaten bersama Forkopimda juga meminta Walinagari menyiapkan ruang isolasi terutama bagi nagari yang daerahnya banyak ditemukan kasus penyebaran Covid 19.

Penyediaan ruang Isolasi yang dimaksud bisa memfungsikan sekolah, rumah, tempat ibadah dengan fasilitas MCK yang memadai serta tempat tidur yang layak. Ruang isolasi ini diperuntukan bagi orang dalam pemantauan (ODP).

Sekretaris Daerah Tanah Datar, Irwandi saat dimintai keterangannya terkait surat tersebut mengatakan jika surat yang ditujukan kepada seluruh walinagari itu juga terkait gerakan sejuta masker dan sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Dalam hal ini nagari atau desa mesti ikut mensukseskan penanganan percepatan covid 19.

” Ini terkait gerakan sejuta masker, sesuai arahan pusat, nagari juga ikut mensukseskan, kabupaten juga,” tulis Sekda Irwandi.

Menanggapi mampu atau tidaknya nagari dalam percepatan penanganan Covid 19, Sekda mengatakan jika gerakan sejuta masker di nagari disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang masih ada.

” kita perlu juga menyiapkan nagari sebagai upaya antisipasi bila di Provinsi dan Kabupaten tidak memadai. Ruang isolasi bisa difungsikan untuk orang kontak erat, sembari menunggu hasil swabnya keluar,” tutup Sekda.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top