Daerah

Pemkab Pessel Terus Dorong Coklit Data Kependudukan

Dibaca : 188

Pesisir Selatan, Prokabar — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan mendorong Petugas Kantor Unit Kerja Layanan (UKL) untuk melakukan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pada warga yang belum melakukan perekaman KTP-elektronik.

Kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Kependudukan tersebut diutamakan kepada penduduk wajib KTP. Dan terus dilakukan oleh seluruh Kantor UKL yang ada di seluruh kecamatan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman mengatakan, dirinya telah mengintruksikan agar hal itu selalu menjadi perhatian khusus seluruh jajaran Unit Kerja Layanan (UKL) Kecamatan.

“Kepada petugas diharapkan langsung mengambil tindakan setelah memberikan pengertian kepada pihak keluarga lalu mengajak yang penduduk tersebut untuk melakukan perekaman data KTP-elektronik di Kantor Unit Kerja Layanan,” katanya dikutip dari MC Pessel, Senin (7/10).

Ia menambahkan, warga yang didapati itu menyambut baik kegiatan berlangsung, dikarenakan selama ini warga beranggapan bahwa penduduk dengan kondisi tertentu tidak memerlukan dokumen kependudukan.

Sementara  bagi penduduk dengan kondisi tertentu memang dikategorikan kedalam penduduk rentan adminduk selain penduduk terlantar, pengungsi dan kondisi khusus penduduk lainnya.

“Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan bahwa negara berkewajiban dalam memberikan perlindungan kepada setiap warga negara terhadap pengakuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa penting kependudukan baik di dalam ataupun di luar negeri dengan tidak membeda-bedakan atau diskriminatif terhadap seluruh warga negara,”tuturnya. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top