Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pemkab Agam Kembali Kendalikan Pasar Tradisional

Dibaca : 256

Lubuk Basung, Prokabar — Bupati Agam, Dr. Indra Catri kembali mengeluarkan Surat Edaran tentang pelaksanaan operasional pasar rakyat mingguan menjadi pasar harian. Diterbitkan mengingat meningkatnya warga Kabupaten Agam terinfeksi Covid-19 setiap hari.

“Surat Edaran nomor 1170/Perindagkopumkm/P.1/IX-2020 diterbitkan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di lingkungan Pasar Rakyat. Melalui surat edaran tersebut diharapkan adanya peningkatan kewaspadaan masyarakat di areal pasar,” ujar Kepala Bidang Pasar Disperindagkop, UMKM Agam, Riza Oktafiandi, dikutip dari AMCNews.co.id, Kamis (10/9).

Reza menambahkan Surat Edaran ditujukan kepada Camat, Walinagari dan Pengurus Pasar se Kabupaten Agam. Diinstuksikan untuk mengurai kerumunan atau keramaian di pasar tradisional itu.

“Untuk sementara waktu, pelaksanaan pasar mingguan atau hari pekan ditiadakan dan melaksanakan operasional pasar secara harian, hal itu guna untuk mengurai kerumunan masyarakat di pasar,” tuturnya.

Pengurus pasar, pedagang dan pembeli diminta untuk meningkatkan kebersihan pasar dan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. Menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir, sekaligus sabun atau handsanitizer.

“Kemudian kepada pedagang dan pembeli diharapkan menggunakan pelindung diri minimal menggunakan masker dan sarung tangan saat beraktivitas di pasar,” ujar Riza.

Bupati Agam juga mengintruksikan Camat, Walinagari bersama Pengurus Pasar mendirikan pos pemantauan untuk pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan terkait penanganan dan pencegahan Covid-19.

Pengelola pasar juga diminta untuk melaporkan pelaksanaan penanganan Covid-19 di pasar rakyat satu kali seminggu kepada Bupati Agam melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UMKM Kabupaten Agam.

“Aturan ini akan tetap berlaku hingga kondisi pandemi Covid-19 sudah kembali membaik,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top