Opini

Pemilu 2019 Usai, tetap Bangun Optimisme Berdemokrasi

Oleh :
Fitri Yenti
Komisioner KPU Tanah Datar

Pesta telah usai, segala keriuhan hiruk pikuk selama proses tahapan pemilu 2019 perlahan mulai mereda. Entah mungkin ini negeri yang nyinyir, sayup-sayup masih terdengar orang-orang membicarakan pemilu. Pertiwi akan berduka saat mereka melihat warga yang ramah dan elok ini menjadi terpecah hanya karena perbedaan pilihan dalam pemilu.

Satu sisi ini baik, karena tanpa sadar masyarakat mulai terbiasa membicarakan politik, demokrasi, pemerintahan tanpa sungkan. Ini Negara demokrasi, siapa saja tentu bebas berpendapat selama itu tidak bertentangan dengan aturan. Barangkali kita mesti belajar lebih dewasa. Tentu saja dengan tidak mengesampingkan sikap kritis pada sebuah kebijakan yang dikeluarkan. Fungsi control warga Negara yang baik harus berjalan sebagaimana mestinya.

Sebagai sebuah lembaga Negara yang diberi amanah Undang-Undang, KPU adalah bagian penyelenggara teknis dalam pelaksanaan pemilu 2019. Boleh dibilang menjadi ujung tombak penentu suksesnya pemilu 2019 kemaren. Sejujurnya kita memahami bahwa tugas-tugas teknis ini belumlah sesempurna yang sebagian orang inginkan. Ini pekerjaan yang mesti dikerjakan secara cermat, teliti, hati-hati dan juga taat aturan. Kita patut bersyukur dengan segala dinamika yang ada, akhirnya tugas berat ini terselesaikan tepat waktu dan berakhir dengan baik.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang sudah datang ke TPS tanggal 17 April 2019. Memberikan hak suaranya dengan kesungguhan hati, menciptakan pemilu damai, bermartabat dan tertib.

Setidaknya ini yang saya rasakan di daerah saya di Kabupaten Tanah Datar. Terimakasih telah ikut berpartisipasi aktif sebagai pemilih, ikut membantu mensyiarkan pemilu. Menjadi pemilih cerdas yang senantiasa menjaga keutuhan bangsa.

Pemilu 2019 telah usai, pilihan telah dijatuhkan. Dewan terpilih sudah dilantik. Menunggu waktu presiden terpilih juga akan segera dilantik. Sebagai pemilih kita tentu punya harapan, pemimpin-peminpin terpilih menepati janji-janji mereka selama kampanye. Berpihak hanya pada kemaslahatan masyarakat. Melindungi, mengayomi warga Negara yang dinamis ini. Menjadi pemimpin amanah karena disumpah atas nama Tuhan.

Demokrasi akan terus bertumbuh, inilah yang setiap saat harus kita gaungkan. Bahwa optimisme menjadikan Negara Indonesiaa dengan Bhinneka Tungga Ika-nya tetap berada dalam garis keberagaman dan terikat oleh sebuah system yang akan selalu menjunjung tinggi kesatuan. Sudah saatnya kita berhenti menebar rasa pesimisme, sentimentil dan juga rasa saling tidak percaya pada satu sama lainnya.

Keberlangsungan Bangsa harus tetap berjalan, Negara ini mesti terus berjuang sampai tujuan dasar dalam pembukaan Undang-Undang dasar 1945 bisa diwujudkan.

Waktu terus berjalan, sebentar lagi Pilkada serentak 2020 juga segera digelar. Banyak hal yang harus dipersiapkan, tentu saja sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing. Tiap warga masyarakat mengambil langkah sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya. Kami penyelenggara pun segera berbenah, menyiapkan segala hal teknis dalam tahapan yang akan dijelang. Ingin kita, tentulah pelaksanaan pilkada serentak ini sukses terlaksana. Lebih sukses dari pelaksanaan pemilu 2019 kemaren.

Mari saling bergandengan tangan, bersama membangun bangsa. Kita adalah rakyat Indonesia yang mencintai republik ini melebihi dari apapaun jua. Keutuhan bangsa dan Negara ada di atas segala-segalanya.*

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top