Daerah

Pemerintah Padang Pariaman Santuni Korban Longsor Di Sungai Geringging

Padang Pariaman, Prokabar — Bencana longsor yang menimpa sebuah rumah di Simpang Sigalumbuak Koto Tabuah, Korong Kampuang Pinang, Nagari Batu Gadang, Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, mendapat respon cepat dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Ali Mukhni beserta Kepala Dinas Sosial, Hendra Aswara bersama Kalak BPBD, Budi Mulya dan jajaran langsung melakukan peninjauan ke lokasi, sebagai upaya perhatian serius bencana tersebut. Meski hanya satu orang korban jiwa, namun tetap berdampak trauma terhadap satu keluarga yang ditinggal.

“Kunjungan langsung ke lokasi bencana ini, sebagai bentuk keseriusan kami dalam menghadapi bencana yang terjadi. Selain satu orang korban jiwa, dan dua luka-luka, beberapa bendungan dan saluran irigasi juga mengalami kerusakan,” ungkap Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, Jumat (14/6).

Pada kesempatan tersebut Dinas Sosial dan BPBD Padang Pariaman, memberikan bantuan logistik berupa satu unit terpal, tenda, kain selimut, beras, makanan cepat saji, tikar dan kebutuhan kedaruratan lainnya. Berharap bantuan tersebut dapat meringankan musibah yang dihadapi korban bencana tersebut.

“Padang Pariaman salah satu daerah rawan bencana alam di Sumatra Barat. Oleh sebab itu, siaga dan tanggap bencana adalah suatu keharusan bagi kami dan masyarakat,” ujarnya. Saat ini, untuk bencana banjir di wilayah Batang Anai dan Lubuk Alung sudah aman. Namun untuk bencana longsor dan banjir di beberapa titik lainnya masih saja berlangsung. Seperti di daerah pemukiman penduduk yang berada di lereng perbukitan Sungai Geringging, Sungai Limau, Padang Sago, Kampung Dalam dan lainnya. Dan hal ini, tentu membutuhkan kesiagaan setiap waktu.

“Terkait bencana banjir dan longsor di beberapa titik di Padang Pariaman, telah merusak sejumlah bendungan. Seperti di Kecamatan Sungai Limau. Pasar beserta kios-kios sempat terandam luapan air sungai. Dalam hal ini, kami telah melakukan pengajuan bantuan kepada BNPB Pusat untuk dapat membantu perbaikan tersebut,” pungkas Ali Mukhni. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top