Daerah

Pemda Tanah Datar Siapkan Rekor Muri Baru Pada Perhelatan FPM 2019

Tanah Datar, Prokabar — Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Abdul Hakim, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersiap-siap menggelar Festival Pesona Minangkabau (FPM) pada 4 hingga 8 Desember 2019 mendatang.

Pada festival ini akan dibuat rekor Talempong Pacik terbanyak yang dimainkan sekitar 2.000 pemain. Sebelumnya pada FPM 2018 telah dipecahkan rekor Muri dengan kegiatan Minum Kawa Daun pakai tempurung kelapa sebanyak 4.000 orang.

Dirinya menuturkan, Festival Pesona Minangkabau ini telah mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai salah satu dari 100 Wonderful Event Indonesia.

“Kita berharap masyarakat dapat berpartisipasi dan mendukung festival ini, mengingat ramainya wisatawan yang akan mengunjungi ke lokasi acara, antara lain di Istano Basa Pagaruyung, Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, dan Kompleks Van der Cappelen.” ungkapnya dinukil daro MC Tanah Datar, Jumat (22/11).

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison menjelaskan, rangkaian acara festival diisi dengan Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Bajamba, Makan Bajamba, Rekor Muri Talempong Pacik terbanyak, Pagaruyung Ekspo, Pergelaran Seni Minangkabau dan Melayu, Festival Matrilineal, dan tak ketinggalan atraksi Alek Nagari Pacu Jawi.

“Selain itu juga ada Pameran Foto Wisata, Festival Kopi, Dialog Budaya, Pasar Van der Cappelen, Penghargaan Wisatawan, Pemilihan Media Tradisional, dan hiburan Artis Minang.” jelasnya.

Festival Pesona Minangkabau ini merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang juga melibatkan partisipasi kabupaten dan kota di Sumatra Barat. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top