Daerah

Pelanggaran Pemilu Terbuka Lebar di Pasaman, Bawaslu Turun Tangan

Pasaman, Prokabar — Pelanggaran pemilu masih tebuka lebar untuk terjadi di Pasaman. Tak ayal, Bawaslu setempat mengajak sejumlah komponen untuk mengawasi Pemilu 2019. Apa saja pelanggaranpun disosialisasikan kepada masyarakat.

“Sebab, kita tidak ingin masyarakat yang menjadi tumbal dalam Pemilu 2019 karena ketidaktahuannya,” kata Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita, Sabtu (22/12).

Menurut Rini, melalui kegiatan sosialisasi Bawaslu mengajak seluruh komponen untuk mengawasi pemilu. Terutama para wali nagari jangan ikut berpolitik dan berpihak kepada para calon legislatif atau lainnya.

Sementara itu Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Pasaman, Kristian mengatakan, hukum yang dibuat sampai hari ini masih banyak celah bagi pelaku pelanggaran tanpa ada bantuan masyarakat mengawasinya.

Rakyat yang belum melek hukum akan menjadi tumbal dalam pesta demokrasi ini. Sehingga sangat dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat. Karena itu yang paling efektif itu adalah pencegahan bukan penindakan. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top