Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pelanggar Protkes Mulai Berkurang di Tanah Datar

Dibaca : 108

 

Tanah Datar, Prokabar. Para pelaku usaha di Tanah Datar mulai sadar untuk menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas jual beli. Hal ini tak terlepas dari penegakan perda Provinsi Sumbar Nomor 6 tahun 2020 yang intens dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja setempat.

Jika biasanya tim Tim Gakkum Terpadu menemukan puluhan puluhan pelanggar, namun beberapa hari terakhir, pelanggar ditemukan sudah mulai berkurang.

Beberapa lokasi yang menjadi sasaran seperti di BRI unit Sungayang, depan klinik RS Ali Hanafiah, Minimarket di Nagari Minang, dan Kantor Camat Sungayang, petugas tim hanya menemukan 19 pelanggar protokol kesehatan.

“Jumlah pelanggar yang tidak memakai masker dalam dua hari razia hanya sebanyak 10l9 orang,” ujar Elfiardi, Kasi Penindakan Perda Satpol PP Tanah Datar, Kamis (3/12).

Tim yang terdiri dari Satpol PP, Polres, Kodim, dan Dishub juga menyasar rumah makan perhentian bus dan truk di sepanjang Danau Singkarak-Ombilin. Kemudian kawasan RS Ali Hanafiah sampai ke kawasan Kecamatan Sungayang.

“Meski jauh berkurang pelanggar, namun masih ditemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan pelaku usaha seperti membiarkan karyawannya tidak memakai masker, tempat cuci tangan tidak tersedia ataupun tersedia tapi susah diakses, tidak membuat media informasi didepan tempat usaha serta membiarkan pelanggan duduk berdesak-desakan tanpa membuat tanda physical distancing,” terang Elfiardi.

Kepada pelaku usaha itu, diberi peringatan dan petunjuk apa yang harus dilengkapi sesuai protokol kesehatan. Sedangkan kepada pelanggar personal diberikan sanksi kerja sosial. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top