Daerah

Pelaku Wisata Gelar Aksi Bersih Istano Pagaruyung

Tanah Datar, Prokabar — Aksi bersih sapta pesona di gelar di istano basa pagaruyung Batusangkar, Selasa (30/10) kemarin. Aksi bersih bersih ini diikuti oleh pelaku usaha wisata dan kelompok sadar wisata yang ada di kabupaten tanah datar.

Aksi ini diselenggrakan dengan tujuan menumbuhkan kesadaran tuan rumah sebagai pelaku wisata dalam mewujudkan mewujudkan 7 sapta pesona, aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Selain itu, masyarakat juga penting memahami tentang hal hal yang dibutuhkan wisatawan saat mengunjungi sebuah dsetinasi di daerah mereka.

“ Intinya sederhana, bagaiamana masyarakat kita mengetahui bagaimana kebutuhan wisatawan saat mengunjungi daerah mereka. Hal seperti itu nanti diberikan dan mengingtkan kembali kepada masyarakat,” ucap Kadis Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian.

7 sapta pesona tidak hanya diterapkan pada destinasi wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah, melainkan juga wajib diterapkan oleh pelaku pariwisata yang mengelola destinasi wisata secara pribadi maupun kelompok.

“ semuanya tentunya, sadar wista tidak cukup hanya fisik, tapi juga harus ada yang mengelolanya. Manusia sebagai pengelola tempat wisata, dalam hal ini harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh wisatawan. Tentunya disini yang mengeksekusinya adalah masyrakat itu sendiri,” tambahnya

Sementara itu, 2 bulan jelang tutup tahun, dinas pariwisata Sumbar belum bisa menentukan jumlah kunjungan wisatawan yang datang. Meski demikian, pemerintah provinsi optimis target yang dibebankan akan tercapai jelang tutup tahun mendatang.

“ kita belum hitung ya tapi, mengacu pada RPJM kita, tingkat pertumbuhannya, untuk mancangera sekitar 7,5 % pertahunnya, dan wisatawan nusantara sebesar 5 % atau sebanyak 60 ribu wisatawan mancanegara dan 8,5 juta wisatawan nusantara,” ujarnya.

Selain melakukan aksi bersih bersih, dalam kesempatan ini juga diselenggarakan dialog interaktif dengan para pelaku usaha pariwisata. Aksi bersih sapta pesona turut dihadiri oleh sekretaris daerah pemerintah kabupaten Tanah Datar, Drs. Hardiman. (eym)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

To Top