Daerah

PD Muhammadiyah Agam ke Kampung Hamka, Saksikan Sasaran Silat Sewai Marantang

Dibaca : 609

Sungai Batang, Prokabar — Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Agam, Al Fiandri bersama jajaran Syahmendra, Muhammad Arifin Sipayung dan Mursidi berkunjung ke Masjid Inyiak De Er, Jorong Batung Panjang, Nagari Sungai Batang, Sabtu malam (13/3). Selain silahturahmi dan mengikuti Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, juga ingin melihat langsung aktifitas pemuda bersama masyarakat setiap sabtu malam.

“Saya mendengar adanya pergerakan yang cukup aktif dan agresif dilakukan Pemuda Jorong Batung Panjang bersama seluruh tokoh masyarakatnya. Kami intens memantau dari sejumlah media dan laporan dari sejumlah kader. Kami sangat bangga adanya pergerakan sekaligus keaktifan dengan aksi nyata ini,” tutur Al Fiandri kepada Prokabar.com, Sabtu (13/3).

Nagari Sungai Batang merupakan negri lahir dan berkembangnya tokoh besar ulama pembaharuan Islam di Minangkabau. Bahkan Sejarah Pertama Muhamamdiyah di Sumatera di luar Pulau Jawa berada di sini. Syekh Muhammad Yusuf Amrulllah, Syekh Abdul Karim Amrullah (Ayah Hamka) dan A.R Sutan Mansur merupakan tiga tokoh utama ulama perintis Muhammadiyah di Sumatera. Mereka pun berhasil melahirkan Ulama Besar sekaligus Pahlawan Nasional Buya Hamka.

“Jelas, nagari ini tidak bisa kita pandang sebelah mata. Ada sejarah dan potensi terpendam yang harus dibangkitkan di sini. Dengan adanya pergerakan pemuda dan masyarakat ini, kami tergugah dan harus mendukungnya. Mendengar dan berdiskusi langsung, kemudian memperkuat kader melalui program-program terpusat,” tuturnya.

Selain mengikuti dan melaksanakan Tausiah Peringatan Isra’ Mi’raj selepas sholat magrib, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Agam itu langsung melihat latihan “silek” anak-anak di halaman Masjid Inyiak De Er.

Kepala Jorong sekaligus Ketua Pimpinan Ranting Muhamamdiyah Batung Panjang, Fajri Datuak Mangkuto Nan Basa mengatakan, menjadi kehormatan tersendiri hadir dan kunjungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Agam ke Batung Panjang. Kunjungan istimewa ini sempat membuat Pengurus Ranting, Pemuda Muhammadiyah beserta Pengurus Aisyiyah Batung Panjang tersentak kaget sekaligus bahagia.

“Kehadiran bapak-bapak Pimpinan Daerah Muhamamdiyah ini memberi kami motivasi dan spirit yang sangat kuat. Memperkuat semangat untuk terus bergiat. Apalagi ada tantangan baru yang akan dibawa ke sini melalui Program Pusat Muhammadiyah nantinya,” jelas F. Dt. Mangkuto Nan Basa.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top