Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pawai Ta’aruf, Meriahkan Perayaan Satu Muharam di Pariaman

Dibaca : 390

Pariaman, Prokabar — Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, Pemerintah Kota Pariaman menggelar pawai Ta’aruf, Minggu (1/9). Kegiatan pelepasan dipusatkan di Halaman Balai Kota Pariaman dan rombongan dilepas langsung oleh Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Wakil Wali Kota Mardison Mahyuddin.

Pawai ini diikuti oleh siswa dari Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas di Kota Pariaman, selain itu juga mahasiswa perwakilan perguruan tinggi Pariaman juga turut meramaikan pawai ini dengan total peserta 125 kafilah.

Pelepasan Pawai Ta’aruf tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua PKK, GOW, Dharma Wanita dan  ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman serta tamu undangan khusus dari Turki yang akan mengisi Tausiyah pada Tabligh Akbar di Pantai Gandoriah.

Daam kesempatan tersebut, Walikota Pariaman Genius Umar mengapresiasi para peserta pawai ta’aruf karena selalu bersemangat memeriahkan Tahun Baru Islam 1441 H Tahun.

“Saya memberikan apresiasi kepada peserta pawai ta’aruf, guru dan para orangtua yang antusias mengikuti pawai ta’aruf ini. Kota Pariaman merayakan Tahun Baru Islam yang ditandai dengan pawai Ta’aruf dan tablig Akbar yang dilaksanakan di Pantai Gandoriah pagi ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pawai Ta’aruf merupakan wujud cerminan dan ekspresi suka cita, rasa gembira dan suatu kebahagiaan bagi semua dalam menyambut Tahun Baru Islam. Tahun Baru Islam ditetapkan oleh Khalifah kedua sebagai Tahun Baru Hijriyah yaitu memaknai berpindahnya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dari Mekah ke Madinah.

“Mari kita berhijrah, melakukan perubahan pada diri kita dengan berusaha mengevaluasi diri, jika selama ini yang dilakukan belum baik, mari kita perbaiki tahun ini, jika belum maksimal mari kita tingkatkan demi Pembangunan Kota Pariaman ke arah yang lebih baik serta demi kebaikan kita semua, ” sambungnya.

Rombongan pawai yang dibuka oleh drum band MAN Padusunan diakhiri dengan iringan pelajar SMKN 3 Pariaman.

Pawai Ta’aruf melewati rute dengan Start dari Halaman Balai Kota Pariaman, Simpang LLAJ, Simpang Alai Gelombang, Jawi-Jawi II, Simpang Sianik, Tugu Tabuik, Simpang Ahmadin, Muaro Pariaman dan berakhir di Pantai Gandoriah (pentas seni). (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top