Daerah

Paslon Rusma-Rudi Ditetapkan KPU Pesisir Selatan Sebagai Pemenang Pilkada

Dibaca : 186

Pesisir Selatan, Prokabar — Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada Pessel 9 Desember 2020 kemaren, ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada Jumat (19/2) pukul 08.30 di Hanna Hotel Painan.

Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka KPU setempat, dihadiri oleh Bawaslu dan sejumlah partai politik dan dikawal ketat oleh kepolisian setempat.

Penetapan tersebut dilakukan keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengugurkan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Pessel pada Selasa, 16 Februari 2021 kemaren.

“Menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pessel 2020 adalah sebagai berikut: nama calon bupati Rusma Yul Anwar, dan nama calon wakil bupati Rudi Hariyansyah, nomor urut 2,” kata Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar saat membacakan penetapan.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, KPU Pessel menerima salinan putusan MK pada, Rabu (17/2) pagi. Untuk itu, KPU mempunyai kewajiban untuk melakukan rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih selambat-lambatnya 5 hari setelah salinan diterima.

“Penetapan ini kami laksanakan dua hari setelah salinan putusan MK diterima KPU,” ujar Epal.

KPU menjalankan proses tahapan sesuai ketentuan yang berlaku. Tidak seperti isu yang berkembang bahwa KPU memperlambat waktu pelantikan pasangan calon terpilih, tegasnya.

“Setiap proses dan tahapan ada mekanisme. Soal waktu pelantikan bukan kewenangan kami, tapi itu kewenangan pemerintah,” ujarnya lagi.

Ia menambahkan, hanya memiliki kewenangan, menyelenggarakan pemilihan, sampai selesai penghitungan suara. Jika ada gugatan, menunggu proses hukum di MK.

“Setelah putusan MK, KPU melanjutkan ke tahap penetapan paslon terpilih dan menyampaikannya ke DPRD. Soal kapan pelantikan, itu kewenangan pemerintah,” tegasnya lagi.

Pilkada Pessel tahun 2020 diikuti tiga pasangan calon. Yaitu paslon nomor urut 1 Hendrajoni-Hamdanus, nomor urut 2 Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah dan nomor urut 3 Dedi Rahmanto Putra-Afrianof Radjab.

Dari rekapitulasi hasil perolehan suara, paslon nomor urut 2 Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah unggul dengan 128.922 suara. Paslon nomor urut 1 Hendrajoni-Hamdanus hanya meraih 86.704 suara, dan nomor urut 3 meraih 10.220 suara.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top