Daerah

Paskibraka Tanah Datar Dikukuhkan

Tanah Datar, Prokabar – Sebanyak 68 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada upacara bendera peringatan Detik-detik Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Lapangan Cinduamato Batusangkar pada 17 Agustus 2018 secara resmi dikukuhkan Bupati Tanah Datar, Irdiansyah Tarmizi.

Pengukuhan itu berlansung di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Kamis sore (16/8).

Acara itu turut dihadiri Ketua DPRD Anton Yondra unsur Forkopimda, SOPD terkait serta orang tua dan wali murid serta para alumni Paskibraka yang tergabung dalam Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tanah Datar.

Sebelum memberikan arahan, Bupati Irdinansyah memasangkan kendit tanda dikukuhkannya secara resmi Paskibra Tanah Datar kepada Indah Nurhayati.

Indah Nurhayati merupakan siswa SMA 1 Lintau anak dari pasangan Mailis dan Masrun. Indah selaku pemimpin upacara pengukuhan dan sebagai Pasukan 8 untuk pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih nanti.

Pada kesempatan terpisah, ia menyampaikan rasa senang dan bersyukur telah diberikan kesempatan untuk memimpin upacara pengukuhan ini dan diberi kesempatan untuk dipasangkan kendit oleh Bupati Irdinansyah.

Dalam amanatnya, Bupati Tanah Datar menyampaikan bahwa Pasukan Pengibar Bendera ini merupakan ujung tombak keberhasilan Acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke 73.

Pada hakikatnya, dengan pengukuhan ini, tanggung jawab besar tertompang pada Paskibraka yang dipilih dari seluruh SMA se Tanah Datar, dalam menjalankan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih.

“Paskibraka, merupakan pilihan terbaik dari yang terbaik. Tugas Paskibraka akan bekerja bukan hanya sampai mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih saja, namun harus dapat memberikan contoh tauladan yang baik di lingkungan sekitar,” ucapnya.

Bupati menambahkan, pengukuhan bermakna bahwa Paskibraka harus memiliki jiwa kesatria, berideologi Pancasila, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu yang dipercaya untuk membawa baki bendera yaitu Puti Mayang Sari Ahmad (SMA 2 Lintau) untuk upacara pagi dan untuk penurunan bendera sorenya dipercaya kepada Rafika Artisya (MAN 2 Tanah Datar) bersamaan dengan 7 orang personil dari Polres Tanah Datar.(eym) 

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top