Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pasien Covid-19 Terakhir Sembuh, Tapi Tanah Datar Masih Zona Kuning. Ini Penyebabnya

Dibaca : 411

Tanah Datar, Prokabar – Pasien terakhir yang terkonfirmasi Covid 19 di Tanah Datar asal Lubuak Bauak, Kecamatan Batipuh telah dinyatakan sembuh. Arti kata, tidak ada lagi orang yang terkonfirmasi Covid 19 di Luhak Nan Tuo.

Hal ini dibenarkan Roza Mardiah, Kabid P2P Dinas Kesehatan Tanah Datar. Roza mengatakan hasil swab terakhir yang dikirim ke laboratorium kedokteran Universitas Andalas pada 3 Agustus 2020 kemarin telah didapati hasilnya jika pasien terakhir tersebut telah sembuh.

“Iya benar, kita dapat informasinya dari padang tadi pagi,” ungkap Roza Mardiah saat dihubungi via telpon.

Meski saat ini Tanah Datar Nol kasus Covid 19, namun hal tersebut tidak semerta merta atau lansung menjadikan Tanah Datar berubah ke zona Hijau. Tanah Datar saat ini masih berstatus kuning.

“Meski kita tidak ada lagi kasus, namun kita masih kuning. Untuk hijau itu ada kriterianya, salah satunya sembuh 100%,” kata Roza

Lebih lanjut Roza menjelaskan, selama sebulan kedepan Tanah Datar akan terus di pantau dan diobservsi oleh pemerintah provinsi ada atau tidaknya penambahan kasus corona.

“Saat ini yang kita khawatirkan itu kan penyebaran dari luar. Kan banyak warga kita yang keluar masuk dari daerah terkonfirmasi. Seperti kemaren ini ada ASN, dan Gubernur juga telah mengeluarkan edaran bagi ASN yang kembali dari luar kota harus menjalani swab lebih dahulu. Karena itu kita dipantau sebulan kedepan, ada atau tidaknya penambahan nantinya,” terang Roza.

Antisipasi terjadinya penularan, Roza menghimbai seluruh pihak untuk menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari hari.

Data rekapan hingga 5 agustus Jumlah orang terkonfirmasi Covid 19 sebanyak 14 orang, 13 sembuh dan 1 meninggal dunia. Sementara Angka ODP sebanyak 3 orang, PDP 2 orang, dan notifikasi sebanyak 195 orang. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top