Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pasca Covid-19, Begini Nasib Pelaksanaan Festival Pesona Mentawai 2020

Dibaca : 250

Mentawai, Prokabar — Ajang tahunan Festival Pesona Mentawai (FPM) diprediksi tidak dapat digelar tahun ini akibat dampak penyebaran pandemi Covid-19.

Pagelaran akbar yang  biasanya  diselenggarakan setiap tahun sebagai promosi  seni dan budaya bumi Sikerei melalui berbagai pertunjukan atraksi dan perlombaan seperti tarian, lagu, musik tradisional, tato, panahan, kuliner khas Mentawai, cerita rakyat, dan lainnya.

Dengan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, perekonomian masyarakat dan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Mentawai Joni Anwar mengatakan pembatalan Festival Pesona Mentawai Tahun 2020 tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran pandemi virus corona semakin meluas.

“Terkait lomba surfing kita masih mempertimbangkan apakah bisa digelar tahun ini atau tidak, sesuai kondisi corona melanda,” ujar Joni, dilansir Prokabar dari MC Mentawai, Kamis (14/5).

Selanjutnya, pandemi Covid-19 juga berdampak pada PAD retribusi surfing tahun ini. Joni menyebutkan bahwa sebelum pandemi Covid-19 tiba di Mentawai hingga Februari 2020,  PAD yang diperoleh dari retribusi surfing masih berkisar Rp. 498.200.000. Sementara PAD retribusi selancar tahun 2019 mencapai Rp. 7.894.700.000. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top