Daerah

Pasar Muaro Sakai Pessel Dipindahkan ke Teluk Ampelu, Ini Alasannya

Pesisir Selatan, Prokabar — Pasar Muaro Sakai dipindahkan dari Nagari Muaro Sakai ke Nagari Taluk Ampelu, Kecamatan Pancung Soal, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Pesisir Selatan, Azral, menjelaskan pemindahan pasar itu sudah lama direncanakan, dan diawali dengan pembangunan 3 unit los sejak tahun 2012 lalu. Akan tetapi, sejak ditatanya lokasi Pasar Muaro Sakai yang baru dan dengan di bangunnya petak toko tahun 2018 yang lalu oleh Pemda Pessel, maka para pedagang cukup antusias untuk pindah.

Dikatakan, bersedianya pedagang untuk pindah, disamping karena lokasi pasar yang baru cukup luas dan memadai untuk menampung pedagang, lokasinya pun sangat strategis.

“Pemindahan pasar itu sangat didukung oleh masyarakat dan pedagang, dan mereka berterima kasih pada Bupati yang telah membangun dan melengkapi sarana dan prasarana pasar Muaro Sakai yang baru,” ungkapnya dilansir Prokabar dari MC Pessel, Kamis (17/10).

Ia menjelaskan, sukses dan mulusnya pemindahan Pasar Muaro Sakai ini berkat dukungan tokoh-tokoh masyarakat dan turun langsungnya unsur pemerintah kecamatan, Pemerintah Nagari Taluk Ampelu dan Pemerintah Nagari Muara Sakai beserta perangkat dan Danramil Pancung Soal dan Babinsa setempat.

Selanjutnya, untuk lebih tertatanya Pasar Muara Sakai di tempat yang baru dan agar semua pedagang sudah berjualan di pasar yang baru, maka untuk beberapa hari ke depan, direncanakan akan tetap dibantu dan dikoordinir oleh Pemerintah Kecamatan, walingari setempat, Forkopimca, ninik mamak dan pemuda.

“Dengan telah beroperasinya Pasar Muaro Sakai di tempat yang baru ini, diharapkan ekonomi masyarakat semakin tumbuh dan menggeliat,” tukuknya.

Sementara tokoh masyarakat setempat yang juga mantan anggota DPRD Pessel, Hadiyon Chan mengapresiasi pemindahan Pasar Muaro Sakai ke lokasi yang baru. Langkah itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ya, kita mengapresiasi upaya pemda yang begitu konsisten meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pembangunan pasar. Kita juga berharap pemda meningkatkan sarana dan prasarana pasar kedepannya,” harap Hadiyon. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top