Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Pasang Lukah Ikan, Warga di Ranah Batahan Malah Dapat Buaya

Ilustrasi
Dibaca : 140

Pasaman, Prokabar — Seekor buaya membuat gempar warga sekampung di Jorong Sidomulyo, Nagari Desa Baru, Kecamatan Ranah. Batahan. Pasalnya, buaya muara jeniscrocodylus Porosus berukuran sekitar 1,5 meter itu, masuk perangkap ikan alias lukah milik warga di sekitar areal Sungai Batang Laping.

Kejadian Kamis (27/2) siang itu, langsung dilaporkan warga ke pihak kepolisian. Hingga akhirnya dievakuasi dan diserahkan ke Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Buaya ini sudah dua bulanan tampak berkeliaran oleh warga. Ada rasa cemas dan was-was bagi warga saat beraktifitas, mereka takut diterkam. Sebelumnya, warga hanya bisa pasrah dan meningkatkam waspada. Tau-taunya, buaya ini masuk perangkap ikan. Tentunya kami langsung bersyukur dan merasa lega dari rasa takut akan ancaman serangan buaya,” kata Wali Nagari Desa Baru, Triwidodo Sutrisno.

Sementara itu, Kepala BKSDA Resor Pasaman, Ade Putra mengatakan, buaya itu sementara waktu sudah diamankan ke dalam kandang evakuasi. Rencananya satwa buaya akan dievakuasi oleh Tim BKSDA ke kantor Lubuk Basung untuk diobservasi.

“Rencananya akan dilepasliarkan kembali ke alam, namun tentunya lokasi pelepasan aman dan jauh dari,” tukas Ade. (Ola)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top