Daerah

Pariaman Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2019, Ini Rangkaian Kegiatan yang Dipersiapkan

Pariaman, Prokabar — Kota Pariaman, Sumatra Barat akan menjadi tuan rumah Hari Nusantara 2019, yang akan berlangsung di Pantai Gondoriah mulai 7 Desember hingga 14 Desember 2019.

“Kota Pariaman ditunjuk menjadi tuan rumah Hari Nusantara 2019 setelah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, Basuki Hadimuljono selaku panitia nasional,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar, dilansir dari MC Pariaman, Rabu (4/12).

Genius menambahkan, beragam kegiatan yang akan mengisi selama 7 hari acara berlangsung, dan sejarah panjang Kota Pariaman sebagai kota maritim.

“Mulai tanggal 7 s.d 8 Desember diadakan Open Fishing Tournament (pancing mania) di sepanjang Pantai Pariaman sampai pantai Padang, Sumatra Barat dan kegiatan Marathon 10 K,” ujarnya.

Kemudian lanjut Genius, juga ada kegiatan sosial, TNI AL yang akan membawa kapal rumah sakitnya ke Pariaman untuk melakukan kegiatan bakti sosial kesehatan seperti operasi mata katarak, sunatan massal.

Selanjutnya, BKKBN akan melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang KB, sosialisasi tentang penangkapan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan sosialisasi tentang keselamatan berlayar dari Kementerian Perhubungan.

Kementerian BUMN juga akan menggelar pameran produk nusantara, banyak daerah dari seluruh Indonesia akan memamerkan produk daerahnya. Begitu pun Kota Pariaman yang nanti akan sangat membantu untuk mempromosikan produk UMKM.

Pihaknya juga berharap di acara puncak pada 14 Desember 2019, Presiden RI akan datang. “Kita akan minta presiden melakukan kegiatan bakti lingkungan yaitu penanaman manggrove dan pelepasan tukik yang didampingi oleh ratusan anak-anak TK dan SD,” ujarnya.

Genius menjelaskan bahwa, ilmu pemahaman lingkungan ini harus ditanamkan ke anak-anak sejak awal, karena nanti alam dan lingkungan ini diserahkan kepada mereka sebagai generasi penerus di masa depan.

Selain itu, dia juga mengatakan, banyak infrastruktur di Kota Pariaman yang belum selesai. Di tahun ini, Kota Pariaman banyak mendapat bantuan dari Kementerian PUPR salah satunya pembangunan pasar. “Pembangunan Pasar Pariaman yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan pasti dampaknya kepada perekonomian masyarakat,” katanya.

Dia juga berharap Hari Nusantara 2019 ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Pariaman dengan jumlah kunjungan wisatanya, sehingga menjadikan Kota Pariaman sebagai kota  layak investasi sehingga investor akan lebih bersemangat

“Sesuai dengan tema yang diusung Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju”, kita optimis dalam satu tahun ke depan Kota Pariaman secara cepat akan melakukan loncatan yang besar menjadi kota yang maju,” tutup dia.

Dalam dialog interaktif tersebut, juga hadir Direktur Infokom Perekonomian dan Maritim, Kemkominfo, Septriana Tangkary.

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top