Daerah

Padang Bersiap Jadi Tuan Rumah Festival Florikultura 2019

Padang, Prokabar — Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pertanian akan menghelat Festival Florikultura pada bukan September mendatang sebagai salah satu bagian kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penastani).

“Rencananya bulan September 2019, untuk tanggal masih kita bahas. Ini akan menjadi bagian dari Penas Tani 2020.” Ungkap Kepala Dinas Pertanian Padang, Syaiful Bahri saat desiminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (6/3).

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Holtikultura Kementerian Perekonomian Wilistra Danny yang turut mendampingi mengatakan Festival Florikultura ini merupakan yang kedua kali di Indonesia setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2017 di Bogor.

“Festival ini juga bertujuan mendorong kebangkitan industri florikultura di Indonesia. Karena dengan festival ini kita melakukan konsolidasi dengan para pihak terkait florikultura sehingga nantinya juga akan terjalin kerjasama lintas kawasan agribisnis Hortikultura,” ungkapnya.

Lebih lanjutnya ia mengatakan, kota Padang dan Sumatera Barat secara umum memiliki potensi yang sangat besar dalam mengangkat produk florikultura. Ini menjadi salah satu misi bagi pihaknya untuk membangkit usaha florikultura di Padang.

“Florikultura ini akan sangat menjanjikan sehingga akan terus membawa dampak positif untuk peningkatan hasil produksi para petani. Sektor agribisnis khususnya florikultura (tanaman bunga hias) selama beberapa tahun belakang tercatat memiliki peningkatan produksi, produktivitas, luas area tanam, dan penyerapan tenaga kerja yang terus meningkat di Indonesia.” terangnya

Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan)

Prof Budi Marwoto, mengatakan iven ini akan menjadi cerminan kemajuan perkembangan florikultura indonesia. 

“Dalam perhelatan ini kita akan menentukan strategi kedepannya, dan inj akan menjadi titik tolak,” ujar pria yang menjadi pelopor Festival Bunga Tomohon tersebut.

Sejumlah kegiatan dirancang mengisi Festival Florikultura diantaranya seminar, festival tanaman hias terbesar, bursa pertanian dan kuliner, demo budidaya florikultura.

“Dalam festival ini, semua pihak yang terlibat dalam industri florikultura dihimpun untuk memamerkan tanaman hias terbaik dan berembuk menentukan strategi industri florikultura ke depan.” tuturnya.  (hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top