Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

“Pacah Talua”, Peserta Uji Kompetensi Wartawan ke-XIV Jenjang Muda PWI Sumbar Lulus 100 Persen

Dibaca : 176

Padang, Prokabar – Hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-XIV jenjang Muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar untuk pertama kalinya mencatatkan sejarah 100% kelulusan peserta.

Sebanyak 23 orang peserta yang berasal dari jurnalis berbagai media cetak, online, radio dan televisi yang mengikuti 10 mata uji selama dua hari, Sabtu (25/1) dan Minggu (26/1) telah dinyatakan kompeten menyandang sertifikat jenjang wartawan muda oleh 4 orang penguji dari Dewan Pers PWI Pusat.

“Hasil yang bagus bagi wartawan Sumbar yang mengikuti UKW kali ini. Semua peserta kompeten, lulus 100%,” tutur Prof. Dr. Rajab Ritonga, Direktur UKW Dewan Pers PWI Pusat.

“Teruslah menggali pengetahuan dan wawasan. Yang sangat diperlukan wartawan itu adalah kesadaran untuk selalu belajar,” harapnya.

Rajab menyebutkan siapa saja bisa dan boleh jadi berprofesi sebagai wartawan, tapi tidak semuanya yang berkompeten. Dari data PWI Pusat ada ratusan ribu orang wartawan di Indonesia tapi belum sampai 10% yang punya kompetensi. Angkanya baru sekitar 15 ribu wartawan berkompetensi.

“Profesi wartawan terbuka bagi siapa saja. Untuk profesionalitas, sangat diperlukan keterampilan, pengetahuan umum dan khusus,” sambungya.

“Untuk ikut UKW harus serius. Tidak main-main. Bagi wartawan yang sudah kompeten, aplikasikan di lapangan. Ujian sesunguhnya saat bekerja di lapangan,” tegas Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) itu.

Sedangkan Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus mengapresiasi hasil UKW XIV untuk jenjang muda tersebut. Ia meminta semua peserta yang lulus membuktikan kompetensi dalam menjalankan profesi kewartawanannya.

“Baru kali ini UKW PWI Sumbar semua pesertanya dinyatakan kompeten oleh semua penguji dari Dewan Pers PWI Pusat. Tapi dunia wartawan itu sangat luas. Dan UKW untuk menjadikan jurnalis profesional. Buktikanlah kompetensi itu saat menjalankan profesi wartawan,” imbuhnya.

Heranof tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumbar, khususnya Gubernur Sumbar yang telah memfasilitasi pelaksanaan UKW PWI Sumbar.

Sedangkan Prof. Dr. H. Irwan Prayitno S.Psi., M.Sc, Gubernur Sumbar yang berkesempatan menutup UKW XIV-2020 PWI Sumbar menuturkan dukungannya terhadap adanya kompetensi wartawan yang jadi program kerja PWI Sumbar.

Selaku mitra kerja Pemprov. Sumbar, Irwan bahkan menyampaikan telah mengagendakan 5 kali kerjasama pelaksanaan UKW PWI Sumbar pada tahun 2020 ini.

“Ini sesuai dengan Pergub Sumbar Nomor 30 tahun 2018 tentang kerjasama media massa dengan Pemerintah Provinsi Sumbar yang mendorong profesionalitas wartawan dan media masa,” jelasnya.

“Alangkah baiknya apapun tamatannya. Untuk menjadikan suatu profesi itu sebagai pekerjaan, sebaiknya ada pembelajaran lagi. Kapasitas, Kompetensi dan Profesi,” imbuhnya.

“Dengan kompetensi jadilah wartawan yang berbeda. Profesional, bertanggung jawab dan tidak menakuti-nakuti siapapun,” tutupnya dihadapan wartawan-wartawan senior Sumbar, Basyril Basyar, Alwi Karmena, Rusdi Bais serta pengurus-pengurus PWI Sumbar.(mht)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top