Wisata

Obyek Wisata Kelas Dunia: Danau Kembar, Tak Percaya Tapi Nyata

Foto instagram @ogie78

Padang, Prokabar – Jika Anda ke Sumatera Barat, Indonesia, maka alam akan mengantarkan ke sebuah wilayah yang eksotik bernama Danau kembar. Di sini suhunya 14 sampai 23 derajat. Kala pagi atau malam, bahkan siang sekalipun, penduduk berkelumun dalam kain sarung. Minyak sayur dalam botol, membeku. Kopi dihindangkan, sekejap saja dingin sudah. Hujan biasanya akan turun 146 hari dalam setahun. Setiap hari rata-rata sinar matahari bisa dirasakan selama 6 jam.

Hamparan ladang bawang menanamkan keindahan pada mata. Belum lagi hamparan kebun teh yang berembun, tempat selfie terbaik. Inilah kebun teh Danau Kembar milik pemerintah, membentang di atas lahan 605,18 hektare, terletaj di Desa Kayu Juo, Gunung Talang.

Sebuah resort antara dua danau, seperti membawa Anda melompat entah kemana, saking mempesonanya. Akan haknya Danau Kembar itu, punya satu adik kecil bernama Danau Talang, berada di pipi Gunung Talang (2.597 mdpl). Danau kembar di Alahan Panjang berada pada 1.600 mpdl.

Foto instagram @s.memori

Dari Padang sekitar 2 jam perjalanan, melalui sisi bukit Sitinjau Laut, titik terbaik memandang Padang dari ketinggian. Sepanjang jalan Anda akan disuguhi panorama alam dengan rimba raya nyaris tak bertepi, di tengahnya membentang jalan mulus menuju arah timur. Kita hendak ke Danau Kembar yang menyimpan keindahannya dengan hati-hati untuk setiap pengunjung, apalagi tamu dari jauh, negara-negara daratan Asia.

Danau Kembar satu di kiri satu di kanan, disebut juga Danau Diateh dan Danau Dibawah. Kedua danau ini seperti titipan surga di dunia. Danau Dibawah 4.324 mi², sedang Danau Diatas 4.749 mi². Anda bisa berada pada satu titik sehingga kedua danau itu kelihatan. Ke kiri memandang ke kanan melihat, danau menunggu bidikan kamera pengunjung.

Foto instagram @basliyuzar

Anda bisa bermalam di sini, dengan suguhan suhu nan dingin, sembari makan jagung bakar atau ubi rebus. Dan kala pagi, Anda akan disergap pemandangan yang aduhai, tak percaya tapi nyata. Pohon pinus yang tumbuh menusuk langit, mendesaudan memisau disapa angin. Maka berjalanlah sembari memagut tubuh sendiri yang dibalut jaket tebal.

Menjelang siang bisa berjalan-jalan ke ladang sayur-mayur petani, jantung dan sumber kebutuhan Sumatera Barat itu. Inilah Danau Kembar di  Alahan Panjang, sebuah obyek wisata kelas dunia. (nrs)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top