Trending | News | Daerah | Covid-19

Musik

‘Nusantara VBC’, Ajang Kompetisi Band Virtual Pertama dan Terbesar di Indonesia

Dibaca : 468

Jakarta, Prokabar – Memasuki era new normal, segala lini termasuk industri hiburan mengalami penyesuaian yang tak biasa. Aktiftas seperti panggung musik secara konvensional sementara ini ditiadakan hingga masa pandemi covid-19 berlalu.

Semua lapisan masyarakat, khususnya pekerja seni menyesuaikan diri dengan tetap berkreatifitas meski hanya dilakukan di rumah saja. Semangat inilah yang kemudian menjadi bahan fikiran CKH Entertainment (Member of CKH Group) menyediakan tempat bagi insan seni untuk berkreativitas.

Melalui ’Nusantara Virtual Band Competition’ (Nusantara VBC), CKH Entertainment mencari grup band bertalenta di seluruh Indonesia. Tujuannya yaitu memberi kesempatan bagi grup band yang bakatnya tersembunyi untuk dikenalkan di industri musik Indonesia.

”Di masa pandemi ini, pelaku seni mengandalkan pertunjukan secara virtual. Bagi mereka yang sudah dikenal dengan mudahnya melakukan konser virtual. Lalu bagaimana dengan anak-anak muda yang biasa ngeband? Pasti tidak ada wadahnya nih. Inilah yang menjadi buah fikiran kami untuk menggelar Nusantara VBC,” jelas CEO CKH Group, Ricky Kevin dalam video teleconference, Jum’at (7/8).

Sesuai dengan sebutan kompetisi band virtual pertama dan terbesar di Indonesia, CKH Entertainment menargetkan 1000 grup band. Kompetisi ini terbuka untuk band-band lokal, band indie dan peminat musik lain dari usia 15 hingga 55 tahun.

”Syaratnya mudah dan tidak dipungut biaya. Peserta diminta merekam aksi terbaik band mereka dengan format social distancing dan memilih playlist untuk dicover sesuai aliran band masing-masing. Minimal tiap grup band tiga orang, pendaftaran dilakukan dengan mengunggah form pada link https://forms.gle/5nsZbeQE8E9ZXnzK6,” jelas Project Manager, Alex Kioka menambahkan.

Dari 1000 peserta band, tim juri akan menyeleksi ke beberapa bagian. Yaitu 100 grup band hingga tahap 10 besar yang nantinya membuahkan tiga pemenang. ”Tiga pemenang akan mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 50 juta bagi juara pertama. Juara kedua dan ketiga mendapatkan Rp 30 juta dan Rp20 juta,” seru Ricky lagi.

Tak hanya itu saja, bagi sepuluh band terpilih mendapat kesempatan tampil dalam album kompilasi ‘Nusantara volume 1’ dengan tema ”Karya Sang Juara”. ”Ditambah lagi, mereka akan tampil dalam event-event CKH Group. Tentu saja kami akan mengorbitkan mereka yang beruntung,” tambahnya.

Sebagai tim juri, CKH Entertainment mempercayakan kepada penyanyi yang juga artis peran Didi Riyadi. Menurut vokalis Element ini, acara yang digelar CKH Entertainment sangat menginspirasi.

”Wah ini ajang yang benar-benar bagus. Memberi kesempatan kepada anak band untuk berkarya. Disini saya jadi tim juri untuk pertama kalinya lewat virtual,” jelas Didi.

Mewakili tim juri, Didi menjelaskan beberapa penilaian yang harus diperhatikan setiap peserta. Selain penilaian darinya, peserta akan dinilai melalui ‘vote’ audience melalui media sosial.

”Kompetisi ini juga melibatkan masyarakat luas untuk ikut menentukan juara favorit kategori wardrobe, editing dan performance,” tambahnya.

Didi pun membocorkan apa yang menjadi poin penilaiannya. ”Buatlah band kalian semenarik dan sekreatif mungkin. Disesuaikan dengan kostum, penampilan dan musikalitasnya. Apalagi dikompilasikan dengan alat musik daerah jadi satu nilai tambah. Sesuai dengan tema Nusantara, lagu yang dibawakan tentunya dengan bahasa Indonesia,” beber Didi. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top