Daerah

Napi di Pasaman Terlibat Kecelakaan, Kok Bisa?

Pasaman, Prokabar — Korban kecelakaan lalu lintas, M. Zikra (23) di jalan umum Pilubang, Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping ternyata seorang narapidana.

Ia narapidana kasus pencurian sepeda motor. Dipastikan, kasus M. Zikra ini menambah sederetan kasus buruknya kinerja Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping.

“Iya, M. Zikra adalah napi di Rutan. Dua bulan lagi ia bebas. Sayapun kecolongan saat M. Zikra diizinkan polisi khusus Lapas yang menjaga,” kata Kepala Rutan Kelas II B Lubuk Sikaping, Edi Kasman.

Diakui Edi, M. Zikra keluar rutan untuk membeli tali. Ia disuruh petugas penjaga dengan menggunakan sepeda motor.

Namun naas, sepeda motor BA 4374 DV yang ia kendarai terlibat kecelakaan dengan Aldila yang mengendarai sepeda motor BA 2761 DW. M. Zikra patah tulang dan luka serius hingga terpaksa dirujuk dari RSUD Lubuk Sikaping ke RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi. Sementara Aldila hanya mengalami luka ringan.

“Kita akan panggil dan beri sangsi petugas penjagaan yang bekerja di luar ketentuan, itu pasti,” tutup Edi.

Pantauan Prokabar.com, Rutan Kelas II B, Lubuk Sikaping sering kecolongan dan bertindak di luar aturan. Beberapa waktu lalu, ada narapidana yang kabur saat diberi izin keluar Rutan. Ada pula narapidana yang diberi izin keluar Rutan, lalu ditangkap pihak Satnarkoba Polres Pasaman karena membawa ganja saat hendak kembali ke Rutan.

Hingga akhirnya kasus-kasus ini diinvestigasi oleh Kemenkum dan HAM Sumbar. Edi Kasman pun dapat teguran keras. (Ola)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

To Top