Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Musrembang Tanjung Raya 2020/2021, Pelebaran Jalan dan Perbaikan Sarana Sekolah Jadi Prioritas

Dibaca : 122

Tanjung Raya, Prokabar — Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan 2020/2021 di Kantornya, di Nagari Maninjau, Kamis (13/2). Dalam perencanaan itu, akses jalan Maninjau menuju Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Batung Panjang, Sungai Batang menjadi P1 atau Prioritas 1.

“Target Utama kita di Musrembang 2020/2021 ini adalah Peningkatan atau pelebaran infrastruktur jalan dari Pasar Maninjau ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Dan ini adalah skala prioritas dengan panjang 8 kilometer usulan anggaran 7 milyar,” ungkap Wakil DPRD Agam, Irfan Amran sekaligus Dewan Rakyat asal Tanjung Raya tersebut, dilansir Sabtu (15/2).

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka salah satu Cagar Budaya Tokoh Pahlawan Nasional kita lanjutnya. Dan menjadi pusat kunjungan wisatawan mancanegara sejak dulunya.

Nasrul Abit Indra Catri

“Tingkat keramaian atau kepadatan terus meningkat dengan Bus Pariwisata berbagai ukuran. Sementara, kondisi jalan sangat kecil dan minim. Bahkan sudah ada beberapa titik terban dengan jurang yang sangat dalam,” tuturnya.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi membenarkan kondisi jalan tersebut. “Banyak wisatawan dan pihak Agen Travel maupun supir bus wisatawan mengeluh melintasi akses jalan yang sangat tidak memadai itu. Terutama dari Jalan Batu Karak hingga Taluak di Jorong Batung Panjang, Sungai Batang. Lokasi itu sangat rawan dan sudah ada yang terban,” terangnya.

Akses jalan Pasar Maninjau menuju Bayur juga menjadi prioritas. Panjang jalan mencapai 3 kilometer dengan usulan anggaran 3 milyar melalui anggaran Provinsi Sumatra Barat.

Sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dasar di Galapuang, Muko Jalan dan lainnya juga jadi prioritas. Jalan usaha tani seperti jalan Lingka Koto Kaciak ke Ngalau Durian Rampak Panjang 1,5 km melalui DAK Dinas Pertanian sebesar Rp144 juta.

Jembatan Tapi dan Jembatan Tangah Koto Gadang Anam Koto. Puskesmas Pembantu di Balai Belo Koto Kaciak. Peningkatan hasil pertanian seperti penyedian pupuk, jalan usaha tani dan jalan produksi pertanian.

“Kita Berharap, usulan ini terealialisasi dan disetujui Bupati Agam, Indra Catri guna mensejahterakan masyarakat,” tambah Irfan Amran, bersama Ketua Tim Musrembang Tanjung Raya, Isman Imran selaku Staf Ahli Bupati Agam, Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan.

Sementara itu, Isman Imran didampingi Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan usulan aspirasi masyarakat ini akan dibawa ke Bupati Agam, Indra Catri nantinya. Bersamaan hasil Musrembang Kecamatan se-kabupaten Agam lainnya.

“Kita tentu berharap, aspirasi masyarakat ini dapat tercapai dan terealisasi. Apalagi beberapa prioritas yang telah diusung tiap nagari beserta masyarakatnya,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top