Daerah

Musrembang di Tarusan, Ini Program Pembangunan yang Diprioritas

Dibaca : 123

Pesisir Selatan, Prokabar —Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yoski Wandi, Senin (15/3).

Dalam agenda penting itu turut melibatkan semua pihak mulai dari OPD, hingga sepuluh orang dari perwakilan masing-masing nagari ya tersebar di Kecamatan itu dan turut dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sumbar, Muhayatul.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yoski Wandri mengatakan,  pemerintah sangat menekankan bagi segenap masyarakat di setiap kecamatan masing agar senantiasa memprioritaskan pembangunan pada tiga sektor utama dalam menjaga kemaslahatan masyarakat.

“Yaitu, kesehatan, pendidikan, serta pelayanan akses publik  yang berupa jalan, jembatan, serta infrastruktur penting,” ujarnya.

Menurutnya, setiap pengusulan aspirasi warga maka semua pihak mesti menjadi acuan dalam Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) supaya dapat ditindaklanjuti pada tahun 2022 dengan menitik beratkan pada tiga sektor utama pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik.

Namun beriringan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini upaya menyahuti berbagai hajat rakyat juga mesti disahuti dengan bijak tanpa menafikan kepentingan pencegahan wabah Corona ini dengan mengedepan Protkes di tengah rakyat.

“Memang, banyak anggaran untuk infrastruktur terfokus ke sektor kesehatan dalam pemulihan kondisi Covid-19 ini namun, diharapakan pandemi yang lebih setahun kita rasakan dapat segera berakhir,” jelasnya

Dalam kesempatan itu, Camat Koto XI Tarusan, Denny Anggara mengatakan, dalam setiap pembangunan di rencanakan pada dasarnya dapat mendongkrak ekonomi demi mensejahterakan masyarakat.

“Pembangunan melahirkan dampak besar dalam mengentas  kemiskinan serta semua objek sasaran infrastruktur dapat dipertahankan dan dirawat sehingga dapat melahirkan mamfaat berkelanjutan,” ujarnya.

Disisi lain, Denny mengatakan, Musrembang sebelumnya berbeda dengan sebelumnya, yakni mendatangkan stokholder yang bersangkutan.

Ia menambahkan, hasil Musrembang ini memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat khususnya masyatakat Koto XI Tarusan baik di ranah maupun di rantau.

“Ya, hasil Musrembang ini masyarakat bisa mengakses melalui website Koto XI Tarusan dan Facebook Camat Koto XI Tarusan, artinya tidak ada yang ditutupi,”ujarnya.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top