Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

Musim Hujan Datang, Ini Dia Tips Agar Tetap Sehat

Dibaca : 173

Padang, Prokabar —  Awal tahun 2020, hampir sebagian besar wilayah di Indonesia dilanda musim hujan, bahkan sejumlah kota terdampak banjir akibat ekstremnya curah hujan.

Perubahan cuaca ini membuat masyarakat rentan dengan penyakit. Namun jangan sampai “ancaman” penyakit malah jadi menghambat produktivitas Anda. Berikut empat cara mudah ini agar bisa tetap sehat saat musim hujan.

1. Jaga pola makan sehat

Selama musim hujan, cobalah untuk mengatur pola makan yang sehat untuk menguatkan daya tahan tubuh.

Variasikan menu makan harian agar mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

Dan hindari makan berlebihanyang bisa bikin berat badan bertambah sehingga berisiko terkena masalah kesehatan lain.

2. Kosumsi Vitamin C

Mengkosumsi Vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melindungi Anda dari risiko infeksi atau penyakit.

Selain itu, antidioksidan dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah Anda cepat stres dan kelelahan.

Vitamin C dapat diperoleh dari mengkosumsi sayur dan buah-buahan segar serta dari multivitamin jika perlu.

3. Hindari Stres

Selama musim hujan, tak jarang anda jadi lebih cepat stres dikarenakan sejumlah keadaan. Mulai dari memikirkan tumpukan jemuran yang susah kering, hingga jadi sering terlambat ke kantor karena macet atau kebanjiran.

Kondisi pikiran yang terganggu tentu dapat mempengaruhi kesehatan, untuk itu penting mengendalikan stres. Misalnya dengan berolahraga ringan di akhir pekan, mendengarkan musik yang menenangkan, tidur cukup tiap malam agar tidak gampang stres.

4. Jangan Lupa Mandi Setela Hujan-hujanan

Agar tetap sehat saat musim hujan, baiknya segera mandi setelah basah kuyup hujan-hujanan.

Meskipun hujan itu sendiri memang tidak otomatis bisa bikin sakit, tapi kondisi perubahan cuaca terutama secara drastis dari kering atau panas ke basah tentu akan mempengaruhi tubuh.

Dan air hujan juga mungkin mengandung partikel-partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin dan mungkin terhirup. Selain itu, cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga dapat mendaratkan bakteri atau virus ke kulit kita.

Terlebih, daya tahan tubuh kita selama musim hujan cenderung lebih lemah dari biasanya sehingga lebih cepat jatuh sakit. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top