Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Musim Bunga, Aglonema Rajai Pasaran di Pasaman

Dibaca : 366

Pasaman, Prokabar — Musim bunga melanda Pasaman. Mabuk kepayang kaum Ibu-ibu untuk koleksi bunga. Sampai-sampai pusing kepala keluarga memikirkan rak-rak tempat bunga untuk sang istri. Beruntung, tukang bunganya, jual beli meningkat.

Pantauan Prokabar.com, paling laris bunga aglonema, sejenis bunga keladi dengan varian daun yang penuh warna. Bahkan nilai jualnya pun tidak tanggung-tanggung. Mencapai Rp500 ribu untuk satu pot dengan jenis tertentu.

“Saya hanya sekedar hobi. Ketularan dari istri, makanya ikut juga mengkoleksi bunga aglonema. Kalau dibeli, macam-macam harganya, mulai dari Rp50 ribu satu pot sampai Rp500 ribu,” kata Yunefrizal, salah satu kepala keluarga penghobi bunga.

Tidak saja penjual bunga, tukang rak-rak pun ramai pesanan. Seperti yang diakui Rahmat Ega. Sejak musim bunga, ia kebanjiran pesanan. Tak tanggung-tanggung, pesanan yang masuk sampai-sampai tak terkerjakan.
“Alhamdulillah, untuk penjualan rak-rak lumayan laris. Saya khusus rak-rak berbahan kayu saja. Untuk nilai jual, mulai dari Rp250 ribu hingga Rp400 ribuan,” kata Ega.

Tidak saja Ega, pembuat tanah untuk media tanam juga kebanjiran pesanan. Rata-rata, penjualan per hari mencapai 10 hingga 15 karung. Dengan nilai jual Rp15 ribu per karung. “Kalau hari-hari biasa hanya satu atau dua karung sehari. Itupun, tidak menentu. Saat musim bunga seperti ini, permintaan dari kaum ibu-ibu banyak. Sebab, media tanam kami cukup baik, berbahan tanah kompos, dicampur sekam yang sudah dibakar dan pupuk kandang dari hewan sapi ataupun kamping ditambah nutrisi yang sengaja dicampur untuk penyubur tanaman,” kata Andi, salah satu pembuat tanah media tanam di Lubuk Sikaping. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top