Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Mubes BMPN Pauh IX Kuranji, M Fikar Datuk Rajo Magek Terpilih Secara Aklamasi

Padang, Prokabar – Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat secara aklamasi.

Pemilihan dilakukan dalam rapat terbuka Mubes BMPN Pauh IX yang dipimpin oleh Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX, Irwan Basir Datuk Rajo Alam yang didampingi oleh Zul Akmal Naro, Amrizal Rengganis, dan Evi Yandri Rajo Budiman.

Usai terpilih secara aklamasi, M Fikar menegaskan, dirinya ingin menjadikan BMPN sebagai organisasi yang bermartabat dan berkemajuan.

“Mari kita bersama-sama membangun nagari melalui BMPN ini. Kita jadikan BMPN sebagai organisasi bermartabat dan berkemajuan dengan semangat persatuan untuk kemajuan nagari,” cakapnya.

Fikar Datuk Rajo Magek akan memimpin BMPN Pauh IX untuk lima tahun ke depan. Untuk menyusun kepengurusan yang akan bekerja bersama M Fikar, dibentuklah tim formatur yang mewakili masing-masing tapian di Pauh IX.

Setelah pemilihan Ketua BMPN, kata Fikar kemudian nanti juga penting dalam hal menyusun pengurus yang solid, yang bisa bekerja secara tim untuk  memajukan Nagari Pauh IX ke depan di seluruh sektor, baik  fisik dan non fisik.

Di antaranya, sektor pendidikan, sosial masyarakat, adat istiadat dan budaya. Kemudian, pembangunan fisik dari segala infrastruktur kebutuhan masyarakat termasuk pembangunan pariwisata.

“Dan tak kalah pentingnya pembangunan spritual anak nagari yang berkarakter,  berlandaskan adat basandi syarak- syarak basandi kitabullah (ABS – SBK). Apalagi Nagari Pauh IX Kuranji yang terletak di Papiko masih masih kental memegang nilai-nilai adat dalam kehidupan sehari hari, dengan berlandaskan agama,” ujarnya.

Selanjutnya, jelas M Fikar, BMPN Pauh IX sebagai wadah musyawarah untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan secara berkesinambungan tentu perlu dimenej dengan baik, yang terukur dan terstruktur bersama dengan Ormas Nagari Pauh IX lainnya seperti FKAN sebagai mitra sejajar dan KAN sebagai mitra fungsional.

“Untuk menjalankan itu semua saya selaku ketua tentu perlu koordinasi yang baik dan solid untuk mewujudkan Nagari Pauh IX yang maju dan bermartabat. Sehingga bisa duduk sama tendah dan tegak sama tinggi dengan nagari lain, di Kota Padang maupun Sumbar umumnya,” cakapnya.

Maka pembangunan sektor fisik dan dan non fisik tersebut akan diakomodir dalam bentuk program kerja jangka pendek dan jangka panjang satu periode ke depan.

“Tentu butuh dukungan dari segala elemen yang ada di Nagari Pauh IX Kuranji. Sebab, tanpa dukungan dari semua unsur tentu tidak akan terwujud sasaran yang maksimal,” pungkasnya.(*/mbb)

Baca Juga :

To Top