Daerah

Mobnas Pemkab Tanah Datar Disidak, Hasilnya Mengagetkan

Tanah Datar, Prokabar – Sebagian kendaraan dinas di lingkungan Kabupaten Tanah Datar masih ditemukan ada yang tidak taat pajak.

Hal itu terungkap, setelah inspeksi mendadak yang dilakukan sekretaris daerah Pemkab Tanah Datar Irwandi bersama tim, Jumat (6/9).

Irwandi juga membantah, jika sidak terhadap kendaraan dinas tersebut merupakan buntut ditilangnya mobil dinas Wakil Bupati Zuldafri Darma saat melakukan perjalanan dinasnya ke provinsi Riau beberapa waktu lalu.

Dari pantauan Prokabar.com di lapangan, satu persatu kendaraan pelat merah diperiksa dan tak terkecuali kendaraan dinas Sekretaris Daerah, Irwandi. Pengecekan STNK dan kelengkapan lainnya, seperti pencocokan pelat nomor dan STNK juga dilakukan oleh tim yang sebelumnya telah dibentuk.

Sidak yang dilakukan ini juga ditemukan beberapa kendaraan yang pajaknya tidak dibayar alias mati, sebagian kendaraan hampir habis masa berlaku dan sebagian lainnya tengah pengurusan pajak.

“Banyak hal yang kita temukan, sebagian kendaraan ada yang belum bayar pajak, ada kendaraan yang belum diuji kelayakannya, dan ada yang tidak sesuai standar atau tidak tertib,” ucap Irwandi.

Irwandi juga menambahkan, sidak yang dilakukan juga sebagai pengecekan sarana kerja sekaligus pendataan ulang terhadap seluruh kendaraan dinas, dan termasuk menjaga keselamatan pejabat yang membawanya.

“Ini juga sebagai bentuk perencanaan, dimana ada atau tidaknya kendaraan yang layak untuk dikendarai,” ucap Irwandi.

Terkait temuan tersebut, Sekda mengaku akan menyurati OPD yang bersangkutan sebagai pengelola agar temuan itu dapat ditindak lanjuti. Hasil sidak juga akan dijadikan sebagai bahan rapat dan evaluasi bersama. Nantinya juga akan dikeluarkan sebuah edaran terkait mobil dinas tersebut.

“Harapan kita, dari hasil sidak ini nanti akan kita lakukan rapat dan kita lakukan evaluasi. Kita berikan penegasan kepada pemakai di seluruh OPD. Kita harapkan tertib,” tambahnya

Dari data yang didapatkan, kendaraan dinas roda empat di Tanah Datar sebanyak 317 unit yang tersebar hingga 14 kecamatan. Namun, pada sidak itu, kurang dari separuh jumlah kendaraan pelat merah di lingkup Pemkab Tanah Datar yang dicek kelengkapan surat menyuratnya. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top