Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Mitra Polri, Pokda Kamtibmas Wilayah V Dikukuhkan Polda Sumbar

Dibaca : 105

Pasaman Barat, Prokabar — Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Wilayah V, yakni Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman dikukuhkan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto, diwakili Wakapolda, Brigjen Pol Edi Mardianto di aula kantor bupati Pasaman Barat, Rabu (23/9).

Brigjen Edi Mardianto mengatakan, kehadiran Pokdar Kamtibmas diharapkan mampu menciptakan kondisi yang kondusif.

Permasalahan masyarakat terminimalisir dengan peran yang dilakukan Pokdar Kamtibmas. Sebagai mitra Polri, Pokdar diminta bisa hadir di tengah masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang ada.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan guna mewujudkan kondisi Kamtibmas yang kondusif, mengingat keterbatasan jumlah personil kepolisian yang ada. Salah satu kegiatan yang diharapkan dari Pokdar Kamtibmas ini adalah meminimalisir persoalan-persoalan yang muncul,” katanya.

Selanjutnya dikatakan, persoalan-persoalan hukum yang dihadapi oleh masyarakat sangat tergantung masyarakat itu sendiri, khususnya dalam pemecahan masalah yang memang harus dihadapi oleh seluruh elemen masyarakat itu sendiri. Bentuk problem solving dengan Alternative Dispute Resolution (ADR) ini juga menjadi suatu solusi dan memang dianggap paling tepat karena kepolisian juga kekurangan anggaran untuk menangani persoalan-persoalan di masyarakat.

Kemudian Wakapolda juga berharap, dengan lahirnya Pokdar Kamtibmas Wilayah V yang sudah mendapatkan legalitas dari Kementerian Hukum dan Ham, seyogyanya pemerintah daerah bisa mengalokasikan anggaran untuk program Pokdar Kamtibmas ini.

Pokdar Kamtibmas merupakan organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu tugas Polri. Baik dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat serta menyelesaikan masalah di tengah masyarakat seperti tindak pidana ringan (Tipiring).

“Karena sejatinya setiap kita membutuhkan rasa aman. Dengan hadirnya organisasi rembuk, tempat bermusyawarah yang bersifat kearifan lokal bisa menyelesaikan masalah di dalam keluarga, di dalam masyarakat serta pemerintah,”papar Waka Polda Sumbar.

Ia melanjutkan, di tengah pandemi corona masyarakat juga butuh rasa aman di bidang kesehatan. Dengan adanya Pokdar Kamtibmas ini bisa memberikan peran sebagai pencegah penyebaran corona di tengah masyarakat.

Sementara itu, Bupati Pasbar Yulianto menjelaskan bahwa saat ini tugas semua pihak adalah memutuskan mata rantai penyebaran corona.

“Tugas kita semua saat ini adalah memutuskan penyebaran coorna. Saya harapkan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Pasaman Barat bisa menjadi pelopor untuk itu. Karena hal yang paling penting saat ini adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat kita dari virus Corona,”harap Yulianto.

Ia juga berharap di momen Pilkada nanti, organisasi ini bisa berperan dalam menyampaikan Pilkada badunsanak. Walaupun selama ini Pilkada di Pasbar sudah berjalan dengan baik dan badunsanak.

Tokoh adat Kabupaten Pasbar Daulat Dipertuan Parit Batu Hendri Eka Putra menyampaikan bahwa Pokdar Kamtibmas yang baru saja di kukuhkan bisa memberikan nilai tersendiri bagi masyarakat. Apalagi Pasbar terdiri dari tiga etnis yakni Jawa, Minang dan Mandailing. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top