Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Minimalisir Sengketa Tanah, Ribuan Sertifikat Diterbitkan Dari Program PTSL di Pasaman

Dibaca : 348

Pasaman, Prokabar — Ribuan rakyat badarai Pasaman tersenyum sumringah. Pasalnya Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasaman membagikan sertifikat tanah gratis melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di daerah itu.

Pembagian ini dilakukan secara simbolis loleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis didampingi Kepala BPN Pasaman, Hanif dan pejabat terkait lainnya di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Selasa (8/1).

“Yang kita bagikan saat ini merupakan program PTSL tahun 2018. Sebanyak 1049 sertifikar berhasil kita terbitkan demi terpenuhinya program pusat dalam adminitrasi pendataan lahan,” kata Hanif.

Tidak saja sertifikat program PTSL yang dibiayai dari APBN, sebanyak 740 sertifikat yang dibiayai dari DIPA Kanwil BPN Sumbar melalui program redistribusi tanah juga ikut dibagikan.

“Jadi, total yang kita bagikan saat ini yakni 1989 sertifikat,” lanjut Hanif.

Diakui Hanif, program PTSL itu merupakan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sembari meminimalisasi kasus sengketa tanah dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebab, sertifikat bisa dijaminkan ke bank maupun lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top