Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Minggu Ini, Bawasalu Pariaman Mulai Tertibkan APK

Dibaca : 112

Agam, Prokabar — Bawaslu Pariaman akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di Kota Pariaman Sabtu(10/10) yang akan datang.

APK yang akan ditertibkan tersebut merupakan APK yang dipasang oleh pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kami telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak pendukung pasangan calon atau pihak partai pendukung serta stakeholder. Partai pendukung meminta waktu untuk menertibkan APK hingga 10 Oktober,” ungkap Riswan, Ketua Bawaslu Pariaman dilansir Prokabar dari MC Pariaman, Rabu (7/10).

Lebih lanjut Riswan menuturkan bahwa APK yang akan ditertibkan itu merupakan APK yang terpasang sebelum ada penetapan dari KPU.”Nah kita meminta kepada pendukung agar sebelum 10 Oktober APK tersebut ditertibkan terlebih dahulu. Selebihnya baru tim kami yang menertibkan APK yang tidak sesuai dengan ketentuan,” ulas Riswan.

Dikatakannya juga, APK yang terpasang saat ini, yang tidak sesuai ketentuannya banyak dari APK seperti spanduk, baik tidak sesuai ukuran serta letak APK.”Nah nantinya ada tiga jenis APK yang ditetapkan oleh KPU yaitu baliho, spanduk dan umbul-umbul,” jelasnya.

Riswan juga mengatakan soal stiker pasangan calon. Stiker tidak boleh dipasang pada angkot atau kendaraan umum.”Stiker di angkutan umum dilarang. Kalau stiker pada mobil operasional pendukung itu sah sah saja,” sebut Riswan.

Ketua Bawaslu Pariaman itu juga menjawab soal hari H perhitungan suara. Saat ini pihaknya telah membuka perkerutan untuk petugas TPS (Tempat Pemungutan Suara).”Terkait TPS kami juga telah melakukan perekrutan. Perekrutan telah dibuka sedari tanggal 3 Oktober. Jumlah petugas yang dibutuhkan lebih 100 orang,” ungkap Riswan.

Ia menambahkan, seluruh petugas TPS akan lakukan rapid tes terlebih dahulu sebelum bertugas di 4 kecamatan di Kota Pariaman. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top