Budaya

Meriahnya Perhelatan Cap Go Meh di Padang

Foto : Gas/Prokabar

Padang, Prokabar — Ribuan warga dari berbagai etnis mengerumuni kawasan Nipah, disekitar Jembatan Siti Nurbaya, Padang, saat menyaksikan puncak perayaan Cap Gomeh, Selasa (19/2). Aksi itu digelar meriah dengan adanya arak Sipasan.

“Sangat meriah dan ramai,” sebut pengunjung, Arnes (17)

Gubernur, Irwan Prayitno dalam sambutannya menyebutkan, Festival Cap Go Meh ke 2570 itu merupakan salah satu tradisi yang mampu mengundang banyak pengunjung untuk menyaksikannya.

Menurutnya, melalui tradisi tahunan itu, Sumbar, terkhusus Padang,  semakin dikenal banyak orang. Apalagi, kegiatan keturuan Tionghoa  itu merupakan perayaan terbesar yang diselenggarakan di Padang.

“Banyaknya pengunjung yang datang untuk melihat tradisi Cap Gomeh, tentu menambah nilai positif bagi pariwisata sumbar. Selain itu juga meningkatkan perekonomian,” sebut Gubernur.

Sebelum arak arakan dimulai, terlebih dahulu dilakukan beberapa ritual di plataran Klenteng Lama, Kota Tua Padang. Dari sana mereka mulai star menuju kawasan Siti Nurbaya.

Sementara itu, kegiatan itu juga turut diramaikan keturuan Tionghoa diluar Padang. Seperti Jakarta, Bali, Semarang, Surabaya,  Palembang, Banten,  Pekanbaru,  Payakumbuh, Bukittingi dan Padang Panjang. (gas)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top