Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Menyulut Polemik, DPRD Pessel Panggil Pemkab dan PT Dempo

Dibaca : 277

Pesisir Selatan, Prokabar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, Rabu (15/1) bakal memanggil seluruh pejabat terkait soal legelitas izin PT Dempo dalam pelaksanaaan proyek PLTMH di daerah itu yang terus menyulut polemik.

Wakil Ketua DPRD Pessel, Jamalus Yatim mengatakan, pemanggilan tersebut terkait persoalan PT Dempo Sumber Energi diduga telah melakukan kegiatan Galian C dan Stone Crusher tidak punya izin.

“Pemanggilan ini kami lakukan besok Rabu (15/1), tidak hanya pihak PT Dempo. Tapi, OPD terkait seperti Dinas Perizinan dan Pendapatan,” ujarnya.

Nasrul Abit Indra Catri

Ia menjelaskan, pemanggilan itu bukan perlihal hanya kelengkapan izin saja. Tapi, DPRD juga akan menelaah terkait PAD yang masuk dari hasil operasi proyek yang dikerjakan.

“Kaitannya untuk PAD daerah, selama ini kami hanya diamkan saja. Karena apa pun investasinya harus jelas untuk daerah kita,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mempertanyakan komitmen pemkab Pessel dalam mengawasi investasi yang masuk. Sebab, mengapa PT Dempo Sumber Energi bisa beroperasi sebelum memiliki izin lengkap.

“Tapi justeru bupati membenarkan PT Dempo tidak bermasalah. Kami kecewa. Ada apa di balik ini. Ada apa sebenarnya dengan bupati dan camat setempat,” terangnya.

Lanjutnya, melalui pemanggilan nanti, jika PT Dempo tidak transparan soal proges investasi dan izinnya maka pihaknya meminta Pemda untuk menghentikan segala kegiatan illegal itu.

“Kami akan cek legalitas perusahaan. Kalau tidak sesuai prosedur, kami akan minta Pemda hentikan kegiatan Illegal itu. Karena semuanya harus bisa kita buka selebar-lebarnya terkait hal ini,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memastikan PT Dempo Sumber Energi tidak melakukan penambangan emas di Nagari Pelangai Gadang melainkan membangun pusat tenaga listrik Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH).

Hendrajoni menepis, isu penambangan emas yang dilakukan PT Dempo Sumber Energi tidak benar. Bahkan dirinya, berani menyatakan hal itu hanya digoreng dari orang tertentu untuk menghambat laju investasi.

“Jangan digoreng isu yang tidak benar itu, kalau ada orang yang mengatakan PT Dempo melakukan tambang emas, saya doakan orang itu masuk neraka,” ujar Hendrajoni saat meninjau langsung PT Dempo Sumber Energi di Pelangai Gadang, Selasa 24 Desember 2019.

Ia menegaskan, PT Dempo Sumber Energi memang benar adanya hanya melakukan pembangunan PLTMH, dan tidak ada penambangan emas apalagi uranium.

“Tidak benar itu, jangan digoreng-gorenglah isu ini, kalau digoreng ya tidak baik. PT Dempo murni hanya melakukan aktivitas PLTMH kok. Jangan ribut lagi,” tutupnya.(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top