Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

Menjemur Bayi, Menambah Hangat Bonding Ibu dan Anak

Dibaca : 354

Jakarta, Prokabar – Menjemur bayi adalah kegiatan yang sayang untuk  ditinggalkan. Karena tindakan ini memberi banyak bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Bayi yang baru lahir belum mampu mengolah bilirubin dengan sempurna. Ini membuat sebagian bayi terlihat kuning di hari pertama kelahirannya. Nah, sinar matahari pagi mengandung sinar biru (bluelight) yang dapat membantu tubuh bayi mengolah bilirubin.

Selain itu, menjemur bayi di pagi hari juga akan merangsang tubuh si kecil menghasilkan vitamin D, sehingga bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan tulangnya. Tetapi terkadang, letihnya rutinitas seorang ibu membuat sedikit kurang semangat dalam kegiatan menjemur bayi pada pagi hari.

Bagaimana ya caranya agar ada energi khusus saat  menjemur bayi sehingga rutinitas pagi ini menjadi sangat menyenangkan.

 

Berikan Stimulasi Pada si Kecil

Saat menjemur, berikanlah  stimulasi yang membuat baby nyaman dan senang. Jangan diamkan Baby saat menjemurnya.

Adapun yang bisa Mom lakukan saat menjemur si kecil, Mom bisa bercerita, bersenandung, atau sambil mempraktikkan pijat bayi atau Baby Spa. Dengan begitu sinar matahari tak hanya akan menghangatkan tubuh bayi tetapi juga menghangatkan bonding antara Mom dengan si kecil.

 

Perhatikan Waktu Penjemuran

Pukul 07.00 WIB – 08.00 WIB merupakan waktu yang tepat untuk menjemur baby.

Saat menjemur bayi, Mom boleh melepaskan semua pakaian bayi agar tubuh bayi bisa terpapar sinar matahari.

Supaya paparan sinar matahari ke tubuh bayi lebih optimal, bayi juga baiknya dijemur dalam posisi telentang dan tengkurap agar bayi mendapatkan Vitamin D dari sinar matahari  untuk pertumbuhan tulang.

Ingat Mom, saat menjemur perhatikan posisi bayi, hindari  sinar matahari langsung ke mata si kecil. Sebagai catatan, Mom boleh memakaikan popok atau diapers agar kegiatan menjemur ini tidak ada tragedi pup sang bayi.

Oiya, perhatikan juga kondisi cuaca ya Mom.  Cuaca yang mendung dan terlalu berangin tidak baik bagi kesehatan bayi. Jika kesemua sudah Mom siapkan, kini waktunya menikmati keseruan menjemur dengan si kecil. (rsk)

 


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top