Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Menjadi Tonggak Sejarah, Perantau Batu Basa Akan Pulang Basamo 2020

Tanah Datar, Prokabar – Selain Ikatan Keluarga Sumanik (IKS), perantau asal Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Tanah Datar juga memastikan akan pulang basamo pada hari raya Idul Fitri mendatang.

Kegiatan pulang basamo juga menjadi tonggak sejarah bagi masyarakat di kenagarian itu, karena pulang basamo ini merupakan kali pertama dilakukan oleh para perantau.

Perantau Nagari Batu Basa tersebar di seluruh antero nusantara, yang tergabung dalam warga di 3 jorong, Batu Basa, Koto Baru dan Sialahan. Perantau Nagari Batu Basa yang rencananya akan pulang diantaranya, Madiun, Bandung, Jabodetabek, Pekanbaru, Kisaran, Medan dan beberapa daerah perantauan lainnya.

Monefa Nursal (Remon) Ketua Panitia Pulang Basamo mengatakan masyarakat rantau sangat antusias dengan digelarnya pulang basamo 2020 ini. Hal ini dibuktikan, baru terbentuknya panitia selama 4 hari, telah mendaftar sebanyak 200 perantau, Bandung dan se-Jabodetabek.

“Insyaallah acara pulang Basamo se Nusantara 2020 dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Kami meyakini, karena melihat antusias masyarakat Kanagarian Batu Basa, baik yang di kampung maupun di perantauan sangat mendukung kegiatan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika untuk tanggal keberangkatan para perantau belumlah ditentukan. Para perantau akan pulang, tentunya dengan menyesesuaikan waktu yang akan ditentukam dikemudian hari.

Sementara itu, salah seorang tokoh rantau kanagarian Batu Basa di Ibu Kota Jakarta mengapresiasi apa yang telah dilakukan generasi muda Batu Basa, selaku orang yang menginisiasi kegiatan pulang basamo 2020.

“Ini akan menjadi tonggak sejarah di Kenagarian kami, sebab belum pernah ada acara pulang basamo, apalagi se Nusantara. inilah waktuya,” kata Edison.

Kepada seluruh perantau Kenagarian Batu Basa Kecamatan Pariangan Tanah Datar diminta agar mendaftar ke masing-masing koordinator di wilayah setempat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.(eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top